PENGARUH JUMLAH PRODUKSI, HARGA CPO INTERNASIONAL DAN PDB RIIL TERHADAP VOLUME EKSPOR CPO INDONESIA KE INDIA PERIODE1990-2012

Eki Purwandi, Westi Riani, Meidy Haviz

Abstract


Minyak kelapa sawit (CPO) merupakan komoditas strategis Indonesia karena memiliki orientasi ekspor yang sangat kuat, yakni rata-rata 63% dari total supply CPO domestik yang disebabkan oleh permintaan CPO dunia yang terus meningkat. India merupakan negara tujuan ekspor utama CPO Indonesia, namun pada tahun 2012 tingkat kenaikan ekspor CPO Indonesia ke India lebih rendah dari tahun sebelumnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produksi CPO, harga CPO internasional dan PDB India terhadap volume ekspor CPO Indonesia ke India. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Untuk mengestimasi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan analisis regresi berganda dengan data runtun waktu (time series) antara tahun 1990-2012.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi CPO, harga dan PDB India berpengaruh terhadap volume ekspor CPO Indonesia ke India. Harga CPO internasional berpengaruh negatif terhadap volume ekspor CPO Indonesia.

 


Keywords


Produksi, harga, PDB dan ekspor

References


Bambang Triyoso, 2001. “Model Ekspor Non Migas Indonesia Untuk Proyeksi Jangka Pendekâ€. Ekonomi dan Keuangan Indonesia, 32 (2) : 210.

Boediono, 1992, Teori Pertumbuhan Ekonomi, BPFE, Yogyakarta.

Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan. 2013. Statistik Perdagangan, Bilateral. Ditjen Bina Pengolahan & Pemasaran Hasil Pertanian. Deptan, Jakarta.

Fandy Tjiptono, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Jhingan M.L, 2006, Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, Penerjemah : D. Guritno, Edisi Pertama, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Gujarati, D. 1999. Ekonometrika Dasar. Sumarno Zain. [penerjemah]. Erlangga: Jakarta.

Kotler, Philip dan Armstrong Alih Bahasa : Bob Sabran 2009. Manajemen Pemasaran.Edisi Kesebelas. Jilid 1. PT. Intan Sejati Klaten. Jakarta.

Krugman, P. R dan Obstfeld, M, 2005, Ekonomi Internasional, Edisi ke lima, Indeks, Jakarta.

Lipsey, R.G., P.N. Courant, D.D. Purvis, dan P.O. Steiner. 2000. Pengantar Mikroekonomi. J. Wasana dan Kirbrandoko. [penerjemah]. Binarupa Aksara: Jakarta.

Mc Eachren, William A, 2000, Economics: A Contemporary Introduction, 1st edition, Terjemahan oleh Sigit Triandaru, Jakarta: Salemba Empat.

Mudjarat Kuncoro, 1996, Manajemen Keuangan Internasional, Penerbit Erlangga Jakarta

Munadi, E. 2007. Penurunan pajak ekspor dan dampaknya Terhadap ekspor minyak, kelapa sawit Indonesia ke india (pendekatan error Correction model).Informatika Pertanian Volume 16 No. 2, 2007.

Nicholson, W., 1999. Teori Ekonomi Mikro, Prinsip Dasar dan Pengembangannya. Terjemahan Deliarnov. Edisi kedua. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sadono Sukirno, 2004, Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Rajawali Persada, Jakarta.

Salvatore, D. 1997. Ekonomi Internasional. Haris Munandar. [penerjemah]. Erlangga: Jakarta

Samuelson, Paul A., Nordhaus, William D, 2004, “Makro Ekonomiâ€, Edisi Keempatbelas, Jakarta: Penerbit Erlangga

Todaro, Michael, P. dan Stephen C. Smith, 2006, Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga, Edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta.

Zaenal Abidin (2008): Analisis Ekspor Minyak Kelapa Sawit (CPO) Indonesia, Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol 6 No.1 April 2008




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.685

Flag Counter    Â