Prefrensi Masyarakat Kota Cimahi terhadap Pegadaian Syariah

Azka Fadhilah Husna, Meidy Haviz, Dewi Rahmi

Abstract


Abstract: Pegadaian is one of the non-bank financial institutions that have an important role in the economy. In the development of Housing pegadaian develop a pawn with the sharia system. For Pawnshop, Islamic finance is an opportunity that can not be missed. Moreover, the majority of people who use the services pegadaian Indonesia are Muslims. Pegadaian Sharia began operation in 2003. The purpose of this study was to describe the factors that determine people's preferences towards Pegadaian Sharia Cimahi city. In this research method used is descriptive method using Likert scale in the preparation and processing of questionnaires, by testing the validity and reliability. The sample used in this study were 100 respondents who are customers of Islamic Pegadaian conducted in six branches of Sharia Pegadaian contained in Cimahi namely branches of Padjadjaran, Kebon Kopi branch, branch Permata, Branch Jati, Nanjung branches, and branches Cibabat.

Abstrak: Pegadaian merupakan salah satu lembaga keuangan bukan bank yang mempunyai peranan yang cukup penting dalam perekonomian. Dalam perkembangannnya perum pegadaian mengembangkan gadai dengan sistem syariah. Bagi Perum Pegadaian, bisnis syariah merupakan peluang yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Apalagi, mayoritas masyarakat Indonesia yang memanfaatkan jasa pegadaian adalah muslim. Pegadaian Syariah mulai beroprasi pada tahun 2003. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor yang menentukan preferensi masyarakat kota Cimahi terhadap Pegadaian Syariah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan skala likert dalam penyusunan dan pengolahan kuesioner, dengan melakukan pengujian uji validitas dan realibilitas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan nasabah Pegadaian Syariah yang dilakukan pada keenam cabang Pegadaian Syariah yang terdapat di Kota Cimahi yaitu cabang Padjajaran, cabang Kebon Kopi, cabang Permata, Cabang Jati, cabang Nanjung, dan cabang Cibabat.


Keywords


Factor, Pegadaian Sharia

References


Aisyah, S. (2013). Preferensi Usaha Kecil dan Mikro di Pasar Baru Cikarang dalam Memilih Akses Pembiayaan.

Arsyad, L. (2014). Ekonomi Manajerial . Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nicholson, W. (2002). Mikroekonomi Intermediate dan Aplikasinya. Jakarta: Erlangga.

Rahayu, Y. (2015). Faktor-Faktor yang Menentukan Preferensi Masyarakat dalam Menggunakan Akad Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah pada Lembaga Keuangan Syariah di Kota Bandung.

Rienaldo, Y. (2012). Preferensi Terhadap Merek pada Konsumen dalam Pembelian Smartphone (Penelitian terhadap KOnsumen Pengguna Apple Iphone, RIM Blackberry, dan Smartphone Berbasis Google Ndroid) . 14.

Simamora, B. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Susilo, Y. S., Triandaru, S., & Santoso, A. T. (2000). Bank & Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5908

Flag Counter    Â