Strategi Pengembangan Sentra Industri Kaos di Kawasan Suci Kota Bandung dengan Menggunakan Pendekatan Model Bisnis

Nita Hasbiah, Asnita Frida Sebayang, Westi Riani

Abstract


Abstract: Indonesia now has great potention in developing central industry. In fact, central industry has become a leading sector in national development. Suci shirt central industry is one of the central industries that has been a focus of government on developing central industry. This research aims to determine how a business model viewed from aspect of canvas business model which identify 9 elements that are Customer Segments, Value Propositions, Channel, Customer Relationship, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships, and Cost Structure. Those elements of canvas business model  are able to create appropriate strategy and advised to be implemented in shirt central at Suci . This research uses data processing method of qualitative and quantitative methodology approachment. Quantitative research uses Likert scale analysis method by spreading quesioners as interview instrument. Qualitative research uses SWOT analysis by combining 9 elements of canvas business model. Result of this research identifies that the strongest strategy of all is Value Propositions which is adding value to product , Channel, such as improving  website for prduct sales activity, Key Activities by involving technology and improving financial recording. Moreover, the best central business strategy for Suci based on  SWOT analysis is SO (strenght opportunities) strategy or aggresive strategy.

Abstrak: Indonesia saat ini memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan sentra industri, bahkan sentra industri sudah menjadi leading sector dalam pembangunan nasional. Sentra industri kaos suci merupakan salah satu sentra industri yang menjadi fokus pemerintah terhadap pengembangan sentra industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model bisnis jika ditinjau dari aspek model bisnis kanvas, yang mengidentifikasikan sembilan elemen yaitu Customer Segments, Value Propositions, Channel, Customer Relationship, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships, dan Cost Structure. Dari sembilan elemen model bisnis kanvas, dapat menciptakan alternatif strategi yang seusai dan disarankan untuk diterapkan pada sentra industri kaos di Suci. Penelitian ini menggunakan metode pengolahan data yang terdiri dari pendekatan metodologi kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif menggunakan metode analisis Skala Likert dengan alat wawancara melalui pembagian kuesioner. Penelitian kualitatif menggunakan analisis SWOT dengan menggabungkan sembilan elemen model bisnis kanvas. Hasil penelitian ini mengidentifikasikan bahwa strategi yang paling kuat, adalah Value Propositions yaitu  penambahan nilai pada produk, Channel, seperti memperbaiki website untuk penjualan produk, Key Activities dengan melibatkan teknologi, serta perbaikan dari segi pencatatan keuangan. Selain itu, strategi bisnis sentra yang tepat untuk diterapkan oleh sentra industri kaos suci berdasarkan analisis SWOT yaitu strategi SO (strenght opportunities) atau disebut startegi agresif.


Keywords


Canvas Business Model, Suci Shirt Central Industry, Development Strategy

References


Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2012). Business Model Generation: Membangun Model Bisnis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

J, Hunger & Wheelen (2012). Manajemen Strategi. Yogyakarta: Andy

Dewobroto, W. S. (2013). Penggunaan Business Model Canvas Sebagai Dasar Untuk Menciptakan Alternatif Strategi Bisnis dan Kelayakan Usaha. Jurnal teknik industri issn:1411-6340. Jakarta:Universitas Trisakti

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Boedianto, Laurntia Priska dan Harjati, Dhyah. 2015. Strategi Pengembangan Bisnis Pada Depot Selaris Dengan Pendekatan Business Model Canvas. Skripsi. Universitas Petra. Surabaya

Prasetyo, Dwi. 2016. Penerapan Business Model Canvas Unttuk Menciptakan alternatif Strategi Bisnis Dalam Pengembangan Kegiatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Tahun 2015. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung

Putri, Fitri Fatimah dan Alfatur Farah. 2015. Analisis Inovasi Model Bisnis Menggunakan Pendekatan Model Canvas. Jurnal. Universitas Telkom. Bnadung

Husein, Zulham dan Fitria Sisca Eka. 2014. Analisis Bisnis Model Dengan Pendekatan Business Model Canvas Terhadap Usaha Mikro Mikro Agribisnis keramat Bey Berry Ciwidey. Jurnal. Universitas Telkom. Bandung

Dhewanto dkk. 2015. Manajemen Inovasi untuk Usaha Kecil dan Mikro. Alfabeta. Bandung

Dewobroto, Wisnu Sakti. 2013. Penggunaan Bussines Model Canvas sebagai Dasar Untuk Menciptakan Alternatif Strategi Bisnis dan Kelayakan Usaha. Skripsi Universitas Trisakti. Jakarta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjitradi, Elizabeth Cindy. 2015. Evaluasi dan Perancangan Model Bisnis berdasarkan Bussines Model Bisnis. Jurnal Universitas Petra. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4728

Flag Counter    Â