Preferensi UMKM Pedagang Pasar Tradisional Curug Agung Baru terhadap Sumber Permodalan Lembaga Keuangan di Kecamatan Padalarang

Asri Suci Paramita, Atih Rochaeti, Meidy Haviz

Abstract


Abstract: Financial institution facilitates to help and develop UMKM business in getting capital venture. Majority of UMKM merchants have capital difficulty in developing their venture. This research aims to determine preference of Curug Agung Baru market merchant in selecting capital resource from financial institution and what variables significant to decide preference of market merchant in selecting capital resources from financial institution. This research executed at Curug Agung Baru market in  Kecamatan Padalarang. The research uses quantitative approachment involving 75 respondent. Data analysis technic used is Logistic Biner Regression Analysis with independent variables of education, income, rate interest of loans and speed process of loan liquefaction. Research showed that 75% of Curug Agung Baru market merchant preferred to choose capital resource from Bank as financial institution dan 25 % prefers non bank financial institution as their capital resource. Variables which determine preference of  Curug Agung Baru market merchants in selecting capital resources from bank as financial institution are income, rate interest of loan, and speed process of loan liquefaction. Income variable has high probability in determining preference of market merchants in selecting capital resource from bank as financial institution. Improvement of income would increases probability of market merchants to utilize capital resource in bank as financial institution.

Abstrak: Lembaga keuangan dapat menjadi sarana untuk membantu mengembangkan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dalam mendapatkan modal usaha. Mayoritas pedagang UMKM dalam mengembangkan sebuah usahanya seringkali terkendala oleh modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana preferensi pedagang Pasar Curug Agung Baru dalam memilih sumber permodalan di Lembaga Keuangan dan variabel apa yang signifikan menentukan preferensi pedagang pasar dalam memilih sumber permodalan di Lembaga Keuangan. Penelitian ini dilakukan di Pasar Curug Agung Baru di Kecamatan Padalarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 75 responden. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Logistik Biner, dimana variabel independen meliputi Pendidikan, Pendapatan, Tingkat Bunga Pinjaman dan Kecepatan Proses Pencairan Pinjaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang Pasar Curug Agung Baru 75 persen lebih memilih sumber permodalan di Lembaga Keuangan Bank dan 25 persen yang memilih sumber permodalan di Lembaga Keuangan Bukan Bank. Variabel-variabel yang dapat menentukan preferensi pedagang Pasar Curug Agung Baru dalam memilih sumber permodalan di Lembaga Keuangan Bank adalah pendapatan, tingkat bunga pinjaman dan kecepatan proses pencairan pinjaman. Variabel pendapatan memilki probabilitas yang tinggi dalam menentukan preferensi pedagang pasar dalam memilih sumber permodalan di Lembaga Keuangan Bank. Dengan adanya kenaikan pendapatan maka akan meningkatkan probabilitas pedagang pasar menggunakan sumber permodalan di Lembaga Keuangan Bank.


Keywords


Preference, Merchants, Capital Resource, Financial Institution.

References


Aisyah, S. (2013). Preferensi Usaha Kecil dan Mikro di Pasar Baru Cikarang dalam Memilih Akses Pembiayaan.

Arsyad, L. (2014). Ekonomi Manajerial . Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Malano, H. (2011). Selamatkan Pasar Tradisional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nicholson, W. (2002). Mikroekonomi Intermediate dan Aplikasinya. Jakarta: Erlangga.

Rahayu, Y. (2015). Faktor-Faktor yang Menentukan Preferensi Masyarakat dalam Menggunakan Akad Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah pada Lembaga Keuangan Syariah di Kota Bandung.

Rienaldo, Y. (2012). Preferensi Terhadap Merek pada Konsumen dalam Pembelian Smartphone (Penelitian terhadap KOnsumen Pengguna Apple Iphone, RIM Blackberry, dan Smartphone Berbasis Google Ndroid) . 14.

Simamora, B. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Susilo, Y. S., Triandaru, S., & Santoso, A. T. (2000). Bank & Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4054

Flag Counter    Â