Efektifitas Penjualan Online VS Offline Terhadap Pengembangan Usaha Studi Kasus Perusahaan Fashion Classiconesia
Abstract
Abstract. Online selling is a sales activity from looking for potential buyers to offering products or goods by utilizing an internet network that is supported by a set of electronic devices as a link with the internet network. In conventional or offline sales, interactions between sellers and buyers will occur and allow potential buyers to physically touch the goods where we meet the prospective buyers directly and in real places. The method used is descriptive analysis with a qualitative approach. Data collection was carried out through a questionnaire to company owners via googleform. According to the results of research using the effectiveness ratio formula about online vs offline sales in Classiconesia, the results show that online sales are more effective than offline, this is because in 2020 when the Covid 19 pandemic occurred, online sales were more effective than offline, even the results of online sales turnover were more. increased than offline sales means that people's purchasing power during the pandemic has no effect on sales, on the contrary, online sales have increased from the previous year.
Keywords: Online Sales, Offline Sales, Effectiveness
Abstrak. Penjualan online merupakan kegiatan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet. Pada penjualan konvensional atau offline, Interaksi antara penjual dan pembeli akan terjadi dan memungkinkan calon pembeli dapat menyentuh barang secara fisik dimana kita menemui calon pembeli itu secara langsung dan di tempat yang nyata. Metode yang digunakan yaitu deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepada pemilik perusahaan melalui googleform. Menurut hasil penelitian dengan menggunakan rumus rasio efektifitas tentang penjualan online vs offline di Classiconesia menunjukan hasil bahwa penjualan online lebih efektif dari pada offline, ini karena pada tahun 2020 saat terjadi pandemi covid 19 penjualan online lebih efektif dari offline, bahkan hasil dari omzet penjualan online lebih meningkat dari pada penjualan offline artinya daya beli masyarakat saat pandemi tidak berpengaruh terhadap penjualan, sebaliknya penjualan online meningkat dari tahun sebelumnya.
Kata Kunci : Penjualan Online, Penjualan Offline, Efektifitas
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryanto , A., & Irianto, T. (2012). Pembangunan Sistem Penjualan Online Pada Toko Indah Jaya Furniture Surakarta. Jurnal Speed , 57.
Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22.
Ginting, E. (2013). Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Joomla Pada Mutiara Fashion. Jurnal Bisnis, 28.
Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid 19. Journal of Business and Entrepreneurship, 84.
Hamid, E. S. (2011). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 52.
Handayani, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. Jurnal Ilmiah ILKOM, 183.
Ikandar, A. (2008). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tunai Pada PT.Klaten Bercahaya. Junal Basic Data, 26.
Ilham, N. (2002). Problem dan Prospek Pengembangan Usaha Pembibitan Sapi Potong di Indonesia. Jurnal Litbang Pertanian, 152.
Ilham, N., Siregar , H., & Priyono, D. (2006). Efektifitas Kebijakan Harga Pangan Terhadap Ketahana Pangan. Agro Ekonomi, 171.
Indah, I. N. (2013). Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Sehat Jaya Elektronik Pacitan. Jurnal Speed, 124.
Kharis, I. F. (2011). Studi Mengenai Impulse Buying Dalam Penjualan Online. Jurnal Ekonomi, 27.
Mahmudi. (2013). Analisis Efektifitas dan Efesiensi Pelaksanaan Anggaran Belanja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Minahasa Selatan. EMBA, 77.
Maulana, S. M. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online . Jurnal Administrasi Bisnis, 5.
Mourin, M. (2013). Analisis Efekftifitas , Kontribusi Pajak Parkir Terhadap Pendapatan Asli Daerah Dan Penerapan Akuntansi Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 378.
Nugroho, F. E. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Junal SIMETRIS, 2.
Pearce, J. A. (1997). Manajemen Strategik: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Binarupa Aksara.
Rusdiansyah. (2016). Analisis Strategi Aplikasi Penagihan dengan Metode SWOT. BINA INSANI ICT JOURNAL, 145.
Sekarini Silvi. (2021). Dampak Sistem Pemesanan Makanan Online Terhadap Kesejahteraan Driver Go-Jek di Kota Bandung. Jurnal Riset Ekonomi Pembangunan, 1, 22-30.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.31073
  Â