Analisis Kesiapan Masyarakat Dalam pembentukan Kawasan Wisata Pasir Tuma di Desa Mekarsari Kecamatan Cibatu Kab. Garut
Abstract
Abstract. Achieving an Independent Village requires a sustainable development framework that takes into account social (IKS), economic (IKE), and ecological or environmental (IKL) aspects. Mekarsari Village is planning to reach an independent village planning the construction of the Pasir Tuma tourist area in 2020. However, in the planning there are still problems, namely the unpreparedness of the community and village officials in the development planning process. This study aims to see, measure, study and formulate strategies for handling the level of community readiness in the development of the Tuma Pasir tourism area. The method used is descriptive analysis with a quantitative approach. Data collection was carried out through questionnaires to key respondents. Techniques for measuring community readiness consisted of No awareness, Denial / Resistance, Vague awareness, Preplanning, Preparation, Initation, Stabilization, Expansion / Confirmation, Community Ownership. The results showed the level of community readiness in the development of the tuma sand tourism area in Mekarsari Village using 5 dimensions of readiness, namely the average readiness of the community in the construction of the tuma sand tourism area at a score of 3.6 or at the (Initation) stage. The strategy for handling the level of readiness using quantitative SWOT analysis obtained the S-O (Strength-Opportunity) strategy.
Key Notes : Independent Village, Pasir Tuma, Readiness Stage, SWOT Analysis
Abstatk. Mencapai Desa Mandiri perlu adanya kerangka kerja pembangunan berkelanjutan yang memperhatikan aspek sosial (IKS), ekonomi (IKE), dan ekologi atau lingkungan (IKL). Desa Mekarsari dalam perencanaan mencapai desa mandiri merencanakan pembangunan kawasan wisata Pasir Tuma pada tahun 2020. Namun dalam perencanaannya masih terdapat masalah, yaitu adanya ketidaksiapan masyarakat serta aparat desa dalam proses perencanaan pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengukur, mengkaji serta merumuskan strategi penanganan tingkat kesiapan masyarakat dalam pembangunan kawasan wisata pasir tuma, Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepada responden kunci Teknik pengukuran kesiapan masyarakat terdiri dari No awareness, Denial/Resistamce, Vague awareness, Preplanning, Preparation, Initation, Stabilization, Expansion/Confirmation, Community Ownership. Hasil Penelitian menunjukan tingkat kesiapan masyarakat dalam pembangunan kawasan wisata pasir tuma di Desa Mekarsari dengan menggunakan 5 dimensi kesiapan yaitu rata-rata kesiapan masyarakat dalam pembangunan kawsan wisata pasir tuma pada skor 3.6 atau pada tahap (Initation). Strategi penanganan tingkat kesiapan menggunakan analisis SWOT kuantitatif diperoleh strategi S-O (Strength-Opportunity).
Kata Kunci    : Desa Mandiri, Pasir Tuma, Tahap Kesiapan, Analisis SWOT
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi Fahrudin. 2012. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: Rafika Aditma.
Adisasmita, Rahardjo. 2014. Manajemen Pembangunan Transportasi Yogyakarta: Graha Ilmu.
Agung Eko Purwana. 2014. “Kesejahteraan dalam Perspektif Ekonomi Islam†Justitia Islamica. 11(1): 24
Agus Pribadiono. 2016. Transportasi Online Vs Trasnportasi Tradisional Nononline PersainganTidak Sehat Aspek Pemanfaatan Aplikasi oleh Penyelenggara Online. Jurnal Sosiologi. 13(2): 134
BPS Kota Bandung, https://bandungkota.bps.go.id
Burhan Bungin. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana
Chalid, Narbuko, dan Abu Achmadi. 1997. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang : UNDIP.
Haryati, Mimin. 2007. Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidika., Jakarta: Gaung Persada Press.
Hertisca, Fadlillah. 2019. Analisis Tingkat Kesejahteraan Driver Grab Di Kota Metri Dengan model Cibest. Metro: Institut Agama Islan Negeri.
Khanif, Muhammad. 2019. Pencegahan Tindakan Kecurangan Kerja Ojek Online Yang Melakukan Orderan Fiktif Ditinjau Dari Perspektif Sufistik Imam Al-Ghazali. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Nasution Dian Mandayani A. 2018. Tinjuan Hukum Terhadap Layanan Transaksi Dan Transportasi Berbasis Aplikasi Online. Volume 4 Nomor 1. 18-20.
Nuruddin, Mohammad. 2018. Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Pemesanan Makanan Melalui Jasa Online Go-Food Pada Aplikasi Go-Jek Di Kota Surabaya. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
PT. GO-JEK INDONESIA, www.go-jek.com
Romadhon, M. Nur. 2018. Dampak Ojek Online Terhadap Kesejahteraan Sosial (Studi KasusPada Komunitas Independent Gojek Di Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Sadono Sukirno. 2006. Ekonomi Pembangunan: proses, masalah, dan dasar kebijakan. Jakarta: Kencana.
Siagian, D., dan Sugiarto. 2006. Metode Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sonhaji. 2018. Aspek Hukum Layanan Ojek Online Perspektif Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Vol 1 Edisi 4. 372-373.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Walizer, H.Michael dan Wiener, L. Paul. (1987). Metode dan Anlisis Penelitian : Mencari Hubungan, Jilid Dua, Alih Bahasa Arief Sukadi Sadiman. Jakarta: Erlangga.
Widiarta, Mahardika, Nugraha, Tintara dan Yasa Ni Nyoman. 2019. Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Teknologi Terhadap Keunggulan Bersaing. Bali: Universitas Udayana.
Yudhistiro, Theo. 2018. Tinjauan Yuridis Perjanjian Pengangkutan Makanan Melalui Layanan Go-Food Dalam Hal Terjadi Selisih Harga Yang Disepakati Pada Aplikasi Go-Jek. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Zakinah, Nurul. 2019. Efisiensi Dan Dampak Ojek Online Terhadap Kesejahteraan Driver Kota Makasar. Makasar: Universitas Islam Negeri Alaudin.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25877
  Â