Faktor Penentu Preferensi Orang Tua Memilih Sekolah Dasar Berbasis Islam

Dian Harlina Soeherman, Ima Amaliah, Westi Riani

Abstract


Abstract. The purpose of this study is to find out the factors of parental preference in choosing an Islamic-based elementary school. This research uses field survey methods and the type of research used is quantitative descriptive. The respondents in this study were parents who sent their children to an Islamic-based elementary school in Bandung with a sample of 100 people. Data collection is done through the dissemination of questionnaires through google form. Preference measurement uses likert scale and analysis using descriptive statistics. The factors that determine parents' preferences choose Islamic-based elementary schools are products, prices, places, and promotions. The results of this study explain that the dominant factor that determines the preference of parents choosing an Islamic-based primary school is the product factor whose indicators contain curriculum, accreditation, facilities, and quality.

Keywords: Preferences, Parents, Islamic-based Elementary School

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor preferensi orang tua dalam memilih sekolah dasar berbasis Islam. Penelitian ini menggunakan metode survey lapangan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah dasar berbasis Islam di Kota Bandung dengan jumlah sampel 100 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner melalui google form. Pengukuran preferensi menggunakan skala likert dan analisisnya menggunakan statistic deskriptif. Adapun faktor-faktor yang menentukan preferensi orang tua memilih sekolah dasar berbasis Islam yaitu, produk, harga, tempat, dan promosi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa faktor dominan yang menentukan preferensi orang tua memilih sekolah dasar berbasis Islam adalah faktor produk yang indikatornya berisi  kurikulum, akreditasi, fasilitas, dan kualitas.

Kata Kunci: Preferensi, Orang Tua, Sekolah Dasar berbasis Islam


Keywords


Preferensi, Orang Tua, Sekolah Dasar berbasis Islam

Full Text:

PDF

References


, U. N. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta.

Bandung, D. K. (2020). Jumlah Kepala Keluarga. Bandung.

Buchari, A. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Damayanti, S. d. (2011). Metode Penelitian . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dewantoro, D. (2015). Analisis Preferensi Masyarakat Terhadap Penggunaan Jasa Pelayanan Transportasi Bus AKDP Semarang-Kendal. Semarang: Universitas Dipenogoro.

Fadhilah, A. (2019). Motivasi Orang Tua dalam Menyekolahkan Anak Di Lembaga Pendidikan Madrasah. Jakarta.

Fardiansyah, D. (2017). . Analisa Preferensi, Motivasi dan Persepsi Masyarakat Dalam Menghuni Apartemen Di Kota Bekasi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fitriani, A. (2020). Preferensi Konsumen Terhadap Brand Kerudung Di Kota Bandung. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Islamiyah, R. N. (2020). Preferensi Masyarakat Indonesia Dalam Melakukan Transaksi Konsumsi Dengan E-Wallet Dan Tunai. Bandung: Universitas Islam Bandung.

J, N. S. (2003). Perilaku Konsumen.:. Jakarta: Kencana Prenada Meida Group.

Kasidi, D. (2014). Prefrensi Masyarakat Terhadap Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi.

Keller, K. d. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Khairuddin, T. U. (2014). Analisis Preferensi Siswa Melanjutkan Ke MTs Alfadhlah Kecamatan Minas Tahun Pelajaran 2014/2015. Pekanbaru: FKIP Universitas Riau.

Kotler, P. (2000). Prinsip-Prinsip Pemasaran Manajemen. Jakarta: Prenhalindo.

Negara, M. A. (2018). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Berbelanja Di Pasar Tradisional Dan Modern Di Kota Bandar Lampung. Lampung: Universitas Lampung.

Poppy, I. R. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Pusdikasari, D. S. (2016). Preferensi Orang Tua Terhadap Pemilihan Sekolah Dasar Berbasis Islam Atau Umum Di Kabupaten Sumedang. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Putri, C. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Berbelanja Di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pada Pasar Raya Solok). Universitas Andalas.

Riani, I. A. (2013). Strategi Pengembangan Unisaba Berdasarkan Preferensi Masyarakat Kota Bandung. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Salamah, U. (2016). Pengaruh Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Madina Syariah Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Statistik, B. P. (2018). Indeks Pembangunan Manusia.

Statistik, B. P. (2018). Indeks Pembangunan Manusia. Jawa Barat.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Buku Seru.

Supriyono. (2012). Jenis-Jenis Pendidikan Usia Dini Dan Sekolah Dasar/MI. Malang: Manajemen Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Sutilestari, A. (2017). Preferensi Masyarakat Terhadap Produk Kemasan Berlabel Halal dan Tidak Berlabel Halal. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Vitasari, H. N. (2017). Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anak Di Sekolah Berbasis Islam. Salatiga.

Wardhana, H. d. (2019). Analisis Faktor-Faktor Preferensi Konsumen (Studi Pada Armor Kopi Bandung). Bandung: Universitas Telkom.

Wiliasih, R. d. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Hotel Syariah. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Winingrum, A. (2015). Preferensi Orang Tua Siawa Di SD Muhammadiyah Condongcatur Dalam Memilih Sekolah Menengah Pertama (SMP). Riau: Universitas Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24503

Flag Counter    Â