Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Produk Makanan dan Minuman Berlabel Halal

Elsa Nuzullah Ramadhanti Tazrin, Ima Amaliah, Nurfahmiyati Nurfahmiyati

Abstract


Abstract. At present there are still many fake approved products that are published in the community. Of all halal-approved products issued in Indonesia, only 59.01% of products labeled as MUI are offered in the community. For this reason, consumers must be more careful in choosing food and beverage products. The purpose of this study is to examine and analyze the factors that determine demand and factors that support the demand for food and beverages labeled halal to students at Islamic Universities in Bandung. This type of research is quantitative research with descriptive research. The method used is the field survey method using a questionnaire using Google forms. The technique of determining the sample uses the isaac michael table at alpha 10% so as to obtain a sample of 270 students from various Islamic universities in the city of Bandung. Sampling in large numbers in accordance with the sample using stratified random sampling. Measurement of variables using a Likert Scale. Based on the results of the study, conclusions were obtained about 4 factors that determine the demand for halal-labeled products and beverages, namely price, income, religiosity value and product knowledge. Of the four factors which is the most dominant factor is the factor of religiosity with a percentage score of 92.58%. Related, students' decision to buy food and beverage products with halal label because students have a very good understanding of religion about the importance of food and drink labeled with halal.

Keywords: Demand, Food and Beverage, Halal Label, Religiosity Value.

Abstrak. Saat ini masih banyak produk bersertifikat halal palsu yang beredar di masyarakat. Dari seluruh produk bersertifikat halal yang beredar di Indonesia, baru 59,01% produk yang berlabel halal MUI yang beredar di masyarakat. Untuk itu, konsumen harus lebih berhati – hati dalam memilih produk makanan dan minuman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang menentukan permintaan serta faktor yang mendominasi permintaan produk makanan dan minuman berlabel halal pada mahasiswa di Perguruan Tinggi Islam di Kota Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode survei lasagna dengan penyebaran kuesioner menggunakan google form. Teknik penentuan sampel menggunakan tabel isaac michael pada alpha 10% sehingga dipole sampel Banyak 270 orang mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Islam di Kota Bandung.  Dikarenakan jumlah populasi dari tiap perguruan tinggi Islam berbeda maka penentuan sampel menggunakan stratified random sampling. Pengukuran variable dengan menggunakan Skala Likert.  Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat 4 faktor yang menentukan permintaan produk makanan dan minuman berlabel halal yaitu harga, pendapatan, nilai religiuitas dan pengetahuan produk. Dari keempat faktor tersebut yang merupakan faktor paling dominan adalah faktor nilai religiusitas dengan persentase skor 92,58% . Artinya, keputusan mahasiswa untuk membeli produk makanan dan minuman berlabel halal karena mahasiswa-mahasiswa tersebut memiliki pemahaman agama yang sangat baik tentang pentingnya makanan dan minuman berlabel halal.

Kata Kunci: Permintaan, Makanan dan Minuman, Label Halal, Nilai  Religiusitas.

 




Keywords


Permintaan, Makanan dan Minuman, Label Halal, Nilai Religiusitas.

Full Text:

PDF

References


Al-Quran,(dalam Qs Al-Baqarah Ayat 168).

Case, Karl E. dan Ray. C Fair. 2007. Prinsip-Prinsip Ekonomi, Edisi Kedelapan Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Peter, Paul. J., Olson, Jerry.C, 2003. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Peraturan Pemerintah Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal Pasal 1 Butir (1) No. 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan.

Qardhawi Yusuf,2011. Halal Haram dalam Islam, Surakarta: Era Intermedian

Schiffman LG, Kanuk LL. 2010. Consumer Behavior Tenth Edition. New Jersey (US): Pearson Prentice Hall. Setiadi NJ. 2010. Perilaku Konsumen (Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Keempat. Jakarta (ID): Kencana Prenada Media.

Sudarman Ari, 1989. Teori Ekonomi Mikro, Edisi Ketiga, Jilid 1, Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Vristyana, V. M. 2019. Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Penilaian Produk Halal Dan Minat Pembelian Produk Halal : Jurnal Unissula.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24040

Flag Counter    Â