Faktor-Faktor yang Menentukan Preferensi Masyarakat dalam Membeli Produk Fashion Secara Online di Indonesia

Rahmawani Rahmawani, Ima Amaliah, Westi Riani

Abstract


Abstract. This study aims to determine the factors that determin.people's.preferencs.in purchasing fashion.products.online in Indonesia. The.method.used is.descriptiv.analysis with.a quantitative.appcollection was carried.out by.distributing.questionnairs. The total sample size of 272 respondents was determined based on the method developed by Isaac and Michael. The questionnaire was distributed via google form. Respondents in the study were online transaction users who made purchases of fashion products. Determination of the sample using stratified random sampling. The variable measurement tool uses a Likert scale and is processed using the SPSS 23.0 program. From the results of data processing identified factors that determin.people'. preferences.in buyng fashion.products online, namely price, promo, product variation, trust,.service quality and payment system. The most dominant factor determining people's preference for online is a payment system that is easy to do, and attractive promotions. According to data from the Indonesia Credit Card Association (2013), the most popular online payment systems in Indonesia are through Bank transfers (57%), Cash on Delivery (28%), Credit Cards (7%), and others (8%) .

Keywords: Technology, Preference, Online Purchasing, Fashion Products.

Abstrak. Penelitian.ini.bertujuan.untuk mengetahui factor yang.menentukan.preferensi.masyarakat dalam melakukan pembelian produk fashion secara online di Indonesia. Metode yang digunakan.adalah analisis deskriptif.pendekatan.kuantitatif. Pngumpulan.data dilakukan.melalui penyebaran.kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 272 responden, ditetapkan berdasarkan metode yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael. Kuesioner disebar melalui google form. Responden dalam penelitian adalah orang-orang pengguna transaksi online yang melakukan pembelian produk fashion. Penentuan sampel menggunakan stratified random sampling. Alat pengukuran variabel menggunakan skala likert dan diolah menggunakan program SPSS 23.0. Dari hasil pengolahan data teridentifikasi factor.penentu.preferensi msyarakat dlam.melakukan pembelian produk fashion.scara online yaitu hrga, promo, varasi produk, kepercayaan, kualitas playanan dan sistem pembayaran. Adapun faktor dominan.penentu preferensi masyarakat memilih.online adalah.sistem pembayaran yang mudah dilakukan, promosi yang menarik.  Menurut data Indonesia Credit Card Association (2013), sistem pembayaran secara online di Indonesia yang paling populer melalui Cash on Delivery (28%), transfer Bank (57%), Kartu Kredit (7%),  Kartu Kredit (7%), dan lain-lain (8%).

Kata Kunci: Teknologi, Preferensi, Pembelian Online, Produk Fashion 


Keywords


Teknologi, Preferensi, Pembelian Online, Produk Fashion

Full Text:

PDF

References


Akbar, Faiz Abdan, Ima Amaliah, and Aan Julia. Faktor-Faktor yang Menentukan Preferensi Masyarakat Indonesia.dalam Belanja.Fashion di Marketplace.dan E-Commerce (2020).

Shiffman, Leon G., Kanuk Leslie Lazar. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

APJII, 2018 Pertumbuhan Pengguna Internet di Indonesia 2015-2018 diakses Februari 26 2020 sumber: http://www.apjii.or.id

APJII, 2018 , Pengguna internet melakukan pembelian fashion secara online 2018 diakses Februari 26 2020 sumber: http://www.apjii.or.id

Nielsen. 2014. The Nielsen Global Survey of E-Commerce. diakses 3 Januari 2020 sumber http://www.nielsen.com/us/en/insights/reports/2014/e-commerce- evolutionor-revolution-in-the-fast-moving-consumer-goods-world.html,

Javadi, M. M. (2012). Internasional.Journal of Marketing.Studies. An Analysis of Factors Affecting on Online.Shopping Behavior>of Consumers, 81-82.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.

Engel, F. James, Blackwell D. Roger, dan Miniard W. Paul. 2010. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa Budiyanto. Binarupa Aksara, Jilid 1, Jakarta.

Wulandari, F., Wahyono, H., & Haryono, A (2016) Pengaruh Perhatian Orang Tua, Respon Pada Iklan, Intensitas Pergaulan Teman Sebaya, dan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas VII SMPN 2 Nglegok Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Online.

Douglas,Evan.1992.Managerial Eonomics. New Jersey, Prentice Hall International, Inc

Kim, J., dan Lennon, S. J. (2013). Effects Of Reputation and Website Quality on Online Consumers’ Emotion, Perceived Risk and Purchase Intention. Journal of Research in Interactive Marketing, 45.

OK.Saidin, Aspek Hukum Hak Kekayaan Intelektual, RajaGravindo Persada, Jakarta, 2004, hal. 519

Andira Sari, C. (2015). Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. [online] Journal.unair.ac.id. Available at: journal.unair.ac.id [Accessed 13 Oct. 2019].

Oppenheim, C. dan Ward, L. 2006. Evaluation of web sites for B2C e-commerce, Aslib Proceedings: New Information Perspectives. 58(3): pp. 237-260

[[15] Nuseir, Arora, Al-Masri, Morad M. & Gharaibeh, Mazhar. 2010. Evidence of Online Shopping: A Consumer Perspective. International Review of Business Research Papers (6)5: 94-102. New York Institute and Arab Academy.

Sutejo, Bertha Silvia. 2006. Internet Marketing : Konsep dan Persoalan Baru Dunia Pemasaran. Jurnal Manajemen. 6(1) pp: 21-45

Cummins, Julian, (1991), Promosi Penjualan, Jakarta, Binarupa Aksara.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008, Prinsipprinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi 12. Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta : Andi Offset.

Groover P, Mikel. 2010. Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Process,and systems 4th Edition. London: John Wiley Sons, Inc

Leeraphong, A. and Mardjo, A. (2013). Trust and Risk in Purchase Intention through Online Social Network: A Focus Group Study of Facebook in Thailand. Journal of Economics, Business and Management, 1(4), 314-318.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23955

Flag Counter    Â