Strategi Pembentukan Desa Wisata di Desa Karamatwangi Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut (Aplikasi Model SOAR)

Adam Rizal Ramdani, Aan Julia, Meidy Haviz

Abstract


Abstract. Tourism is one sector that is relied on by the government in the context of national development that can be started from the village. One of the villages that has the potential to become a tourism village is Karamatwangi Village, Cisurupan District, Garut Regency. To reach the tourism village it is necessary to know the potential of the village and the strategies that need to be carried out by Karamatwangi Village to reach the tourism village. This research uses descriptive qualitative research methods. The type of data consists of primary data obtained through interviews and observations. While the secondary data comes from report documents, regulations relating to the problem to be studied, writing and the results of research on the Tourism Village Formation Strategy in Karmatwangi Village. The results of this study indicate the potential of the Karamatwangi Village, namely the tourism potential and agricultural potential. After analyzing the Strengths, Opportunities, Aspirations and Results (SOAR) strategies can be found to reach the tourist village in Karamatwangi Village. As for some of the strategies that can be done, namely 1) Meeting basic needs that are their own responsibility, 2) Providing general needs that are shared responsibilities, and 3) Providing and providing special needs that are sustainable.

Keywords: Strategy, Tourism Village, SOAR Analysis.

Abstrak. Pariwisata merupakan salah satu sektor yang diandalkan pemerintah dalam rangka pembangunan nasional yang dapat dimulai dari desa. Salah satu desa yang berpotensi untuk menjadi desa wisata yaitu Desa Karamatwangi Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Untuk mencapai desa wisata perlu mengetahui potensi desa dan strategi yang perlu dilakukan Desa Karamatwangi untuk mencapai desa wisata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder berasal dari dokumen laporan, peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti, tulisan serta hasil penelitian mengenai Strategi Pembentukan Desa Wisata di Desa Karmatwangi. Hasil penelitian ini menunjukan potensi yang dimiliki Desa Karamatwangi yaitu potensi wisata dan potensi pertanian. Setelah melakukan analisis Strengths, Opportunities, Aspirations and Result (SOAR) dapat ditemukan strategi untuk mencapai desa wisata di Desa Karamatwangi. Adapun beberapa strategi yang dapat dilakukan yaitu 1) Memenuhi kebutuhan dasar yang bersifat tanggung jawab sendiri, 2) Menyediakan kebutuhan umum yang bersifat tanggung jawab bersama, dan 3) Memberikan dan menyediakan kebutuhan khusus yang bersifat keberlanjutan.

Kata Kunci: Strategi, Desa Wisata, Analisis SOAR.


Keywords


Strategi, Desa Wisata, Analisis SOAR.

References


Marsono. 2019. Agro dan Desa Wisata. Yogyakarta: Gadjah Mada Univeristy Press.

Yoeti, Oka A.. 2008. Ekonomi Pariwisata: Introduksi, Informasi, dan Implementasi. Jakarta: Kompas.

Rangkuti, Freddy. 1997. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Stavros, J. M., & Cole, M. L. (2013). SOARing Towards Positive Transformation And Change. The ABAC ODI Visions.Action.Outcome.1(1),, 10-34.

Sugianto, A. (2016). Kajian Potensi Desa Wisata Sebagai Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Karang Patihan Kecamatan Balong. Jurnal Ekuilibrium, Volume 11, Nomor 1, 56-65.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20931

Flag Counter    Â