Strategi Persaingan Usaha pada Perusahaan Transportasi Online di Kota Bandung
Abstract
Keywords : Online Transportation, Business Competition, SWOT
Abstrak. Dalam era revolusi industri 4.0, teknologitelahdimanfaatkandalamberbagaihal, salah satunyadalambisnistransportasi online. Aplikasi yang banyak digunakan masyarakat kini adalah Grab dan Gojek. Kedua aplikasi ini bersaing menawarkan layanan jasa maupun produknya untuk memenuhi kepuasan konsumen. Maka untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya strategi yang diperlukan perusahaan layanan jasa transportasi online, beberapa strategi tersebut adalah strategi harga, produk, promosi, kualitas layanan dan kompensasi.Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatifmenggunakandata primer yang didapat melalui survey terhadap responden yang merupakan konsumen dan mitra layanan jasa transportasi online di kota Bandung. Analisis dilakukan secara kuantitatif dengan melakukan skoring menggunakan skala likert, kemudian dianalisismengunakan SWOT. Hasil dari penelitian analisis alternatif strategi adalah pertama, pengembangan produk, perusahaan jasa transportasi online di kota Bandung perlu mengembangkan inovasi produk atau layanan jasa transportasi online, dan mengembangkan sistem aplikasi yang ter-intergrasi dengan perkembangan teknologi untuk menambah kualitas layanan yang lebih baik lagi. Kedua, Pengembangan pasar, perusahaan transportasi online di kota Bandung perlu meningkatkan layanan dan produk untuk dapat menjangkau daerah/wilayah konsumen pengguna layanan jasa transportasi online. Terakhir, Penetrasi pasar, perusahaan transportasi online di kota Bandung perlu meningkatkan promosi untuk memberikan informasi mengenai produk atau layanan baru.
Kata kunci : Transportasi online, Persaingan usaha, SWOT
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Lincoln, Stephanus E. Kusuma. 2014. Ekonomika Industri. Edisi Pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Desy,S (2018,19 September). Regulasi Transportasi Online. Diakses dari :https://katadata.co.id/berita/2018/09/19/kemenhub-lempar-wacana-aplikasi-transportasi-online-ke-bumn
Julia, Aan et.al, 2017, Persaingan Usaha di IndustriKerajinan Batik Trumi di Kabupaten Cirebon; (AplikasiPorter;s Five Force Model), Jurnal SNaPP2017, Sosial, Ekonomi dan Humaniora. pISSN 2089-3599 | eISSN 2303-2472. Bandung
Kuncoro Mudrajat. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis?. Jakarta : Erlangga.
Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 108 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek
Undang-Undang No.5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15063
  Â