Strategi Persaingan Usaha pada Perusahaan Transportasi Online di Kota Bandung

Aisyah Hasena, Aan Julia, Ria Haryatiningsih

Abstract


Abstract The era of the 4.0 industrial revolution, one of the business was using that technology in online services.There are Grab and Gojek. Both of these applications compete to offer services and products to afford customer satisfaction. Therefore to actualize this,the competitors need some strategies to compete with another online transportation service companies, some of the strategies are pricing strategies, products, promotions, service qualities and compensations.This study used descriptive quantitative methods, and using primary data obtained through surveys of respondents who are consumers and partners of online transportation services in Bandung. The analysis using the SWOT analysis to look at alternative strategies that need to be considered by online transportation companies.The results of alternative strategy analysis research are firstly,product development, online transportation service companies in Bandung city need to develop innovative products or online transportation services,  integrated application system with technological developments to improve quality services. Secondly, market development of online transportation companies in Bandung need to improve services and products to be able to reach the regions of consumers by using online transportation services. Lastly, market penetration of online transportation companies in Bandung also need to increase promotions to provide information about new products or services.  
Keywords : Online Transportation, Business Competition, SWOT

Abstrak. Dalam era revolusi industri 4.0, teknologitelahdimanfaatkandalamberbagaihal, salah satunyadalambisnistransportasi online. Aplikasi yang banyak digunakan masyarakat kini adalah Grab dan Gojek. Kedua aplikasi ini bersaing menawarkan layanan jasa maupun produknya untuk memenuhi kepuasan konsumen. Maka untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya strategi yang diperlukan perusahaan layanan jasa transportasi online, beberapa strategi tersebut adalah strategi harga, produk, promosi, kualitas layanan dan kompensasi.Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kuantitatifmenggunakandata primer yang didapat melalui survey terhadap responden yang merupakan konsumen dan mitra layanan jasa transportasi online di kota Bandung. Analisis dilakukan secara kuantitatif dengan melakukan skoring  menggunakan skala likert, kemudian dianalisismengunakan SWOT. Hasil dari penelitian analisis alternatif strategi adalah pertama, pengembangan produk, perusahaan jasa transportasi online di kota Bandung perlu mengembangkan inovasi produk atau layanan  jasa transportasi online, dan mengembangkan sistem aplikasi yang  ter-intergrasi dengan perkembangan teknologi untuk menambah kualitas layanan yang lebih baik lagi. Kedua, Pengembangan pasar, perusahaan transportasi online di kota Bandung perlu meningkatkan layanan dan produk untuk dapat menjangkau daerah/wilayah konsumen pengguna layanan jasa transportasi online. Terakhir, Penetrasi pasar, perusahaan transportasi online di kota Bandung perlu meningkatkan promosi untuk memberikan informasi mengenai produk atau layanan baru.

Kata kunci : Transportasi online, Persaingan usaha, SWOT


Keywords


Transportasi online, Persaingan usaha, SWOT

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Lincoln, Stephanus E. Kusuma. 2014. Ekonomika Industri. Edisi Pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Desy,S (2018,19 September). Regulasi Transportasi Online. Diakses dari :https://katadata.co.id/berita/2018/09/19/kemenhub-lempar-wacana-aplikasi-transportasi-online-ke-bumn

Julia, Aan et.al, 2017, Persaingan Usaha di IndustriKerajinan Batik Trumi di Kabupaten Cirebon; (AplikasiPorter;s Five Force Model), Jurnal SNaPP2017, Sosial, Ekonomi dan Humaniora. pISSN 2089-3599 | eISSN 2303-2472. Bandung

Kuncoro Mudrajat. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis?. Jakarta : Erlangga.

Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 108 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek

Undang-Undang No.5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15063

Flag Counter    Â