Faktor-Faktor yang Menentukan Preferensi Nasabah terhadap BMT (Studi Kasus : BMT Itqan di Kota Bandung)

Eriska Wisuddawaty, Dewi Rahmi, Nurfahmiyati Nurfahmiyati

Abstract


Abstract. BMT is one of the financial institutions that plays a role in providing funding to the community, but the existence of BMT is not yet widely known and used by the wider community, this is because there are not many BMTs operating so that the existence of BMTs as financial institutions is still low to be used as a reference by the public in financing proposals . This affects customer preferences, due to the low preference of the community in choosing BMT as a financial institution. Therefore to improve the existence of BMT, it is necessary to know the factors that cause people's preferences towards BMT.The purpose of this study was to determine whether religiosity, social, service, financing, and location factors determine customer preferences for BMT. As well as among these factors whether there are factors that dominate in determining customer preferences for BMT. The method in this study uses descriptive. The data used are primary data which can be obtained through a survey of respondents who are customers of BMT Itqan quantitatively by scoring the results of respondents' answers using a Likert scale. The number of samples is 170 people from 10% of the total population, namely customers of the Itqan BMT as many as 1700 customers who use purposive sampling technique.The results of the study show that all five religious, social, service, financing and location factors all determine the customer's preference for BMT Itqan. This can be seen in the results of the questionnaire score of 653 (agreed) for religiosity factors, 578 (agreed) for social factors, 560 (agreed) for service factors, 599 (agreed) for financing factors, and 612 (agreed) for location factors. The dominant factor that determines customer preferences for BMT, namely the factor of religiosity, it is indicated that the respondents have begun to understand the difference from conventional and sharia finance, and the respondents choose financing at BMT because they apply profit sharing and avoid interest

Keywords: BMT, Religiosity, Social, Service, Financing, Location.

Abstrak. BMT merupakan salah satu lembaga keuangan yang berperan dalam memberikan pembiayaan kepada masyarakat, tetapi keberadaan BMT belum banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat luas, hal ini dikarenakan tidak banyak BMT yang beroperasi sehingga eksistensi BMT sebagai lembaga keuangan masih rendah untuk bisa dijadikan referensi masyarakat dalam pengajuan pembiayaan. Hal ini mempengaruhi preferensi nasabah, karena masih rendahnya preferensi masyarakat dalam memilih BMT sebagai lembaga pembiayaan. Oleh karena itu untuk meningkatkan eksistensi BMT perlu diketahui faktor yang menyebabkan preferensi masyarakat terhadap BMT.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor religiusitas, sosial, pelayanan, pembiayaan, dan lokasi menentukan preferensi nasabah terhadap BMT. Serta diantara faktor-faktor tersebut apakah terdapat faktor yang mendominasi dalam menentukan preferensi nasabah terhadap BMT. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif. Data yang digunakan merupakan data primer yang di dapat melalui survei terhadap responden yang merupakan nasabah BMT Itqan secara kuantitatif dengan melakukan skoring terhadap hasil jawaban responden menggunakan skala likert. Jumlah sampel sebanyak 170 orang yang berasal dari 10% total populasi yaitu nasabah BMT Itqan sebanyak 1700 nasabah yang menggunakan teknik purposive sampling.Hasil penelitian menunjukkan dari kelima faktor religiusitas, sosial, pelayanan, pembiayaan, dan lokasi semuanya menentukan preferensi nasabah terhadap BMT Itqan. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor kuesioner sebesar 653 (setuju) untuk faktor religiusitas, 578 (setuju) untuk faktor sosial, 560 (setuju) untuk faktor pelayanan, 599 (setuju) untuk faktor pembiayaan, dan 612 (setuju) untuk faktor lokasi. Faktor dominan yang menentukan preferensi nasabah terhadap BMT yaitu faktor religiusitas hal ini ditandai responden sudah mulai memahami perbedaan dari keuangan konvesional dan syariah, dan para responden memilih pembiayaan di BMT karena menerapkan bagi hasil dan terhindar dari bunga

Kata Kunci : BMT, Religiusitas, Sosial, Pelayanan, Pembiayaan, Lokasi.


Keywords


BMT, Religiusitas, Sosial, Pelayanan, Pembiayaan, Lokasi

Full Text:

PDF

References


Heizer J dan Render B 2006. Manajemen Operasi Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.

Ismail 2011. Perbankan Syariah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kotler Philip dan Keller K Lane 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kasmir 2010. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Karim Adiwarman 2008. Bank Islam : Analisis Fiqih dan Kuangan Edisi 3. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setiadi J. Nugroho 2013. Perilaku Konsumen Edisi Revisi . Jakarta :PT. Kharisma Putra Utama

Sumiyanto Ahmad. 2008. BMT Menuju Koperasi Modern. Yogyakarta: PT ISES Consulting Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15442

Flag Counter    Â