Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen terhadap Produk Starbucks Coffee di Kota Bandung

Alin Aliyah, Asnita Frida Sebayang, Meidy Haviz

Abstract


Abstract. Coffee shop business has begun to flourish nowadays in the city of Bandung since Starbucks Coffee enters the competition. This phenomenon has an influence on current consumer preferences. Consumer preference is a representation of how consumers allocate their income among various goods and services available to maximize the satisfaction they get with their constrained budget. Based on this phenomenon, the problems in this study are formulated as follows: (1) Are factors such as age, income, occupation, product quality, and service quality affecting consumer preferences for Starbucks Coffee products in the city of Bandung? The purpose of this study was to analyze the effect of five factors that affect consumer preferences for the interest in buying Starbucks Coffee products in Bandung. This research used Multiple Regression method and qualitative method with interview method, observation and literature study. The sampling technique was random sampling with a total of 100 samples. The results of this study are: (1) Variables of age, occupation, and service quality have no significant effect on the estimation of consumer spending in buying Starbucks Coffee products in the city of Bandung. (2) Income variables and product quality have a significant influence on the estimated spending of consumer in buying Starbucks Coffee products in Bandung City. (3) Has an adjusted R2 value of 62.7% which can explain that the five variables studied have an effect of 62.7% while the remaining 37.3% are influenced by other variables not explained in this study.

Keywords: Consumers Preference, Starbucks Coffee, Estimation of Spending

 

Abstrak. Sekarang ini bisnis kedai kopi di Kota Bandung mulai menjamur semenjak masuknya Starbucks Coffee. Fenomena ini memberikan pengaruh pada preferensi konsumen saat ini. Preferensi konsumen merupakan penggambaran bagaimana konsumen mengalokasikan pendapatan diantara berbagai barang dan jasa yang tersedia untuk memaksimalkan kepuasan, namun kadang terkendala dengan anggaran. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Apakah faktor umur, pendapatan, pekerjaan, kualitas produk, dan kualitas pelayanan mempengaruhi preferensi konsumen terhadap produk Starbucks Coffee di Kota Bandung?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lima faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap minat beli produk Starbucks Coffee di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Multiple Regression dan metode kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel berupa random sampling dengan jumlah sebanyak 100 sampel. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Variabel umur dan pekerjaan tidak berpengaruh signifikan terhadap estimasi pengeluaran konsumen dalam membeli produk Starbucks Coffee di Kota Bandung. (2) Variabel pendapatan, kualitas produk, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap estimasi pengeluaran konsumen dalam membeli produk Starbucks Coffee di Kota Bandung. (3) Memiliki nilai adjusted R2 sebesar 62,7% yang menjelaskan bahwa kelima variabel yang diteliti memiliki pengaruh 62,7% sedangkan 37,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Preferensi Konsumen. Starbucks Coffee, Estimasi Pengeluaran


Keywords


Preferensi Konsumen. StarbucksCoffee, Estimasi Pengeluaran

Full Text:

PDF

References


Abdi dan Usman Rianse. 2012. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi ,Bandung: Alfabeta.

AEKI (Asosiasi Eksportir kopi Indonesia). 2016. Perkembangan Ekspor & Impor Kopi Tahun 2007-2013. Diakses pada www.aeki-aice.org/page/realisasi-ekspor-impor-kopi-indonesia-/id pada 24 juli 2017

Atmodjo, M.W. 2005 . Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta: Andi

Davis, G.B. 1991 . Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1. Jakarta: PT. Pustaka Binamas Pressindo

Swasta, Basu. 2000. Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi perusahaan modern. Jakarta: Liberty.

Dharmmesta, Basu Swastha dan T. Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran“Analisa Perilaku Konsumen“. Edisi Pertama Cetakan Ketiga. BPFE - Yogyakarta, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi

Giese, J. L. And J. A. Cote. 2000. Defining Customer Satisfaction. Academy of Science Review.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hartati, W. 2006. Pergeseran Subsektor Perdagangan Eceran dari Tradisional ke Moderen di Indonesia [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor

Hawkins, D. I., Best, R. J. & Coney, K. A. (1998). Consumer Behavior (Seventh Edition). Texas: Business Publication, Inc.

Indarto, R.P. 2011. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Bundling Kartu GSM Dengan Smarthphone (Tesis). Jakarta: Universitas Indonesia.

Kuncoro, Mudrajat. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi . Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Listyari, N. P. W. 2006. Analisis Keputusan Pembeli dan Kepuasan Konsumencoffee Shop De Koffie Pot. Skripsi Fakultas Pertanian, Institut Pertanian ogor. Bogor.

Miller, R.L. dan Meiners E, R. 2000. Teori Mikroekonomi Intermediate, penerjemah Haris Munandar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Mankiw, N. Gregory (2003). Teori Makroekonomi Edisi Kelima. Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pindyck, S Robert, dan Daniel L. Rubinfeld. 2007. Mikro Ekonomi. Jakarta: PT Indeks.

Prasetijo dan Ihalauw, 2005. Perilaku Konsumen, Edisi Pertama. Yogyakarta. Andi Offset

Schultz Howard, Jones Yang. 2003. Pour Your Heart Into It, Bagaimana Starbucks Membangun Sebuah Perusahaan Secangkir Demi Secangkir . Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Setiadi, J Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasan. Jakarta: Penerbit Kencana.

Philip Kotler and Kevin Lane Keller, Alih Bahasa Benyamin Molan ,2007, Manajemen Pemasaran, Edisi Keduabelas, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Salvator, Dominick. 1983. Teori Mikro Ekonomi Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Samuelson. 2001. Ilmu Mikro Ekonomi,Edisi 17. Jakarta: PT. Media Global Edukasi.

Samuelson, Paul A. 1947. Foundations of Economic Analysis. Cambridge: Harvard University Press.

Schiffman, Leon G. And Leslie L. Kanuk. 2000. Consumer Behavior, Fifth Edition. . New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Sukirno, Sadono, 2005. Mikro Ekonomi Teori Pengantar , Edisi Ketiga, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Starbucks Coffee, Data Lokasi Starbucks Coffee Kota Bandung, www.starbucks.co.id. Diakses pada 24 Juli 2017.

Ramadhanie. 2007. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan Pasar Modern di Kota Makassar. Makassar: Fakultas Ekonomi Unhas.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13623

Flag Counter    Â