Strategi Peningkatan Kinerja Sektor Pariwisata untuk Mendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bandung
Abstract
Keywords: Tourism Sector Performance, Regional Original Income, SWOT Analysis, Improvement Strategy.
           Penelitian ini mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang terkait dengan peningkatan kinerja sektor pariwisata untuk pemetaannya menggunakan SWOT yang dilakukan untuk menentukan rumusan strategi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi peningkatan kinerja sektor pariwisata. Bobot dan rating dalam analisis ini diperoleh melalui hasil wawancara kepada informan kunci yang berasal dari BKD Kabupaten Bandung, Disparbud Kabupaten Bandung dan Bappeda Kabupaten Bandung. Hasil studi ini menemukan kekuatan utama adanya dukungan pemerintah dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Bandung. Kelemahan utama yang dimiliki adalah rendahnya ketersediaan data dan informasi kepariwisataan. Peluang utama yang di temukan adalah terdapatnya jalan tol Soroja dan ancaman utamanya adalah pengaruh globalisasi terhadap kelestarian daerah. Berdasarkan hasil analisis SWOT kuantitatif, maka diperoleh bahwa Strategi S-O (strength-opportunity) sebagai strategi yang agresif adalah strategi paling optimal untuk meningkatkan kinerja sektor pariwisata Kabupaten Bandung. Strategi yang dibutuhkan adalah meningkatkan partisipasi wajib pajak melalui sosialisasi, meningkatkan promosi pariwisata dengan memanfaatkan sistem informasi dan teknologi dengan kualitas promosi yang lebih efektif.,memelihara sarana dan prasarana yang tersedia, meningkatkan aksesibilitas khususnya infrastruktur dan transportasi, mengali potensi wisata di Kabupaten Bandung yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, dan mengadakan kerjasama dengan pihak terkait yang bertujuan untuk peningkatan kinerja sektor pariwisata.
Kata Kunci: Kinerja Sektor Pariwisata,Pendapatan Asli Daerah,Analisis
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djaenuri, Aries. (2012). Hubungan Keuangan Pusat-Daerah.Bogor:Ghalia Indonesia.
Fandi, Hi Latief. (2014). Kinerja Pembangunan Sektor Pariwisata (Study pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pulau Morotai Tahun 2013) Provinsi Maluku Utara.Jurnal Pemerintahan dan Kebijakan Publik, 1(1),1-26.
Herdiaman, Muhammad Dhanil (2017). Strategi Pengembangan Komoditi Unggulan Jagung di Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Skripsi. Bandung:Jurusan Ilmu Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Bandung.
Kania, Ana Ratna (2018). Strategi Peningkatan Kapasitas Fiscal Kabupaten Garut. Skripsi. Bandung:Jurusan Ilmu Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Bandung.
Khairunisa. (2011). Pajak Hotel dan Restoran Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) (Studi Kasus Kota Bandung). Jurnal Perencanaan Kota dan Wilayah, 22(3),227-224.
Pemerintah Kabupaten Bandung. (2004). Undang – Undang No. 32 tentang Otonomi Daerah.
Pemerintah Kabupaten Bandung. (2016). Peraturan Daerah No. 16 tentang Pajak Daerah Tahun 2016.
Pemerintah Kabupaten Bandung. (2016). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Bandung Tahun 2016-2021.
Putra, Hijrah Primaesa. (2014). Alternatif Strategi Peningkatan Pelayanan Pelanggan pada divisi Winteq PT. Astra OTOPAR Tbk. Skripsi. Bogor:Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.
Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13296
  Â