Kausalitas Struktur, Perilaku dan Kinerja Industri Jasa Fotokopi di Jalan Dipati Ukur dan Tamansari Kota Bandung

denny maulana, Ima Amaliah, Aan Julia

Abstract


Industri jasa layanan fotokopi secara ekonomi cukup berpotensi memberikan pendapatan yang besar kepada pelaku usaha, sehingga peluang ini memunculkan perusahaan-perusahaan fotokopi yang memiliki modal kuat yang dapat membentuk konsentrasi kekuatan dalam pasar. Hal tersebut membuat tingkat persaingan yang semakin ketat sehingga mempengaruhi bentuk struktur, perilaku pasar dan kinerja usaha dalam industri jasa layanan fotokopi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sruktur, perilaku pasar dan kinerja pada usaha fotokopi serta bagaimana hubungan kausalitas antara struktur, perilaku dan kinerja pada usaha fotokopi di wilayah jalan Tamansari dan jalan Dipati Ukur Kota Bandung. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dari 60 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah model Ordinary Least Sequares (OLS).

Hasil penelitian menunjukan struktur pasar dari usaha fotokopi di Jalan Tamansari dan Dipati Ukur adalah oligopoli longgar, efeknya perilaku dari perusahaan dominan mampu memberikan pelayanan yang berbeda baik dari sisi ragam produk layanan maupun kualitas yang dihasilkan. Akibatnya keuntungan yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan perusdahaan lainnya.

Terdapat hubungan timbal balik antara antara struktur dengan perilaku pasar dan perilaku pasar dengan kinerja serta struktur dengan kinerja usaha dengan arah hubungan yang positif.


Keywords


Struktur, Perilaku, dan Kinerja

References


Arif Ramelan, K dan Tri Mulyaningsih, 2002, Integrasi Vertikal dan Efisiensi Industri: Industri Kertas Tahun 1979- 1997 dengan Pendekatan Error Correcion Model, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol. 17, No.2, 2002, hlm. 136-149

Badan Pusat Statistik, 2010, Statistik Industri Kecil dan Menengah

Dumairy, 2001, Perekonomian Industri, Erlangga, Jakarta.

Hasibuan, N., 2005, “Ekonomi Industri : Persaingan, Monopoli, dan Regulasiâ€, Jakarta : LP3ES.

Lincolin Arsyad dan Stephanus Eri Kusuma 2014, “Ekonomika Industri : Pendekataan Struktur, Perlaku dan Kinerjaâ€, Cetakan Pertama, UPP STIM YKPN Yogyakarta.

Martin, Stephen, 2002, Advance Industrial Economics, Blackwell Publisher Inc., Massachusetts.

Mudrajad, Kuncoro, 2007, Ekonomika Industri Indonesia Menuju Negara Industri Baru 2030, ANDI, Yogyakarta.

Nicholson, W, 1999, Teori Ekonomi Mikro, Prinsip Dasar dan Pengembangannya. Terjemahan Deliarnov. Edisi kedua. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Mudrajad Kuncoro, 2003, Metode Kuantitatif, Jakarta: Erlangga.

Wihana Kirana Jaya, 2008, Ekonomi Industri, Edisi 2, 2008, BPFE Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1315

Flag Counter    Â