Faktor - Faktor Penentu Preferensi Kalangan Muda di Kota Bandung terhadap Sepatu Sport Import

Aulia Rahman, Westi Riani, Aan Julia

Abstract


Abstrak. Penduduk di Kota Bandung tahun 2016 berjumlah 2.490.622 jiwa dimana persentase remajanya sebesar 29,3 persen. Pada usia ini membuat remaja akan selalu berusaha untuk dapat diterima dengan baik oleh kelompok sosialnya, remaja ingin diakui status sosialnya melalui penampilan. Untuk itu banyak remaja khususnya Kota Bandung yang hanya membeli dan memakai produk fashion dengan merk tertentu saja. Dalam memilih sepatu sebagai bagian dari gaya hidup, para remaja kota sangat mempertimbangkan model, harga, merk, kualitas dan desain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menentukan preferensi kalangan muda di Kota Bandung terhadap sepatu sport impor. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel berupa random sampling dengan melakukan survey terhadap 270 responden dan 3 responden expert. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran kuesioner. Analisis data yang digunakan menggunakan AHP, Skala Likert dan MFEP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden setuju jika harga merupakan faktor utama dalam menentukan pembelian sepatu sport impor bagi kalangan muda di Kota Bandung dengan nilai akhir sebesar 1258.91, kualitas produk sebesar 991.24, desain sebesar 345.34 dan merk sebesar 155.48 sebagai faktor penentu terakhir bagi kalangan muda dalam membeli sepatu sport impor. Ini berarti bahwa kalangan muda lebih memprioritaskan harga dan kualitas produk karena memiliki nilai akhir tertinggi dibandingkan dengan desain dan merk.

Kata kunci: Preferensi, Sepatu Impor, AHP,  MFEP

 

Abstract. The population in the city of Bandung in 2016 totaled 2,490,622 people with a teenage percentage of 29.3 percent. At this age, teenagers will always try to be well received by their social groups, teenagers want to be recognized by their social status through appearance. For this reason, many teenagers, especially the city of Bandung, only buy and use fashion products with certain brands. In choosing shoes as part of the lifestyle, the city teenagers consider the model, price, brand, quality and design. This study aims to analyze the factors that determine the preference of young people in the city of Bandung against imported sport shoes. The research method used is quantitative descriptive. The sampling technique was random sampling by conducting a survey of 270 respondents and 3 expert respondents. The instrument used in this study is questionnaire distribution. Analysis of the data used using AHP, Likert Scale and MFEP. The results showed that respondents agreed that price was the main factor in determining the purchase of imported sport shoes for young people in the city of Bandung with a final value of 1258.91, product quality of 991.24, designs of 345.34 and brands of 155.48 as the final determinant for young people in buying. imported sport shoes. This means that young people prioritize price and product quality because it has the highest final value compared to the design and brand.

Keywords: Preferences, Shoes Import, AHP, MFEP


Keywords


Preferensi, Sepatu Impor, AHP, MFEP

Full Text:

PDF

References


Kusumaningtyas, R. 2009. Hubungan Konsep Diri dengan Minat Membeli Produk Fashion Bermerek Terkenal Pada Remaja. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi UNNES.

Putri, Ayu Puspitasari. 2016. Pengaruh Marketing Mix Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Merek Sepatu Kickers Di Shoeline Citraland Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi UDINUS.

Binerus, Fadhil Fasa. 2017. Peran Keterbukaan Budaya, Patriotisme, Konservatisme Dan Kolektivisme Terhadap Ethnosentrisme Konsumen Studi Kasus Pada Sepatu Merek Lokal. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2003, Marketing An Introduction, sixth edition, Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.

Fansyah, Ria Asri. 2014. Pengaruh Kepercayaan Merek, Nilai Yang Dirasa, Pemasaran Berdasarkan Pengalaman Terhadap Loyalitas Merek Sepatu Converse Pada Mahasiswa Di Surabaya. Skripsi. Surabaya: Fakultas Ekonomi STIE Perbanas.

Sukirno, Sadono. 2005. Mikroekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fansyah, Ria Asri. 2014. Pengaruh Kepercayaan Merek, Nilai Yang Dirasa, Pemasaran Berdasarkan Pengalaman Terhadap Loyalitas Merek Sepatu Converse Pada Mahasiswa Di Surabaya. Skripsi. Surabaya: Fakultas Ekonomi STIE Perbanas




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12690

Flag Counter    Â