Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Entrepreneur (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung)
Abstract
Abstrak. Pengangguran adalah salah satu permasalahan penting dalam pembangunan ekonomi yang dapat ditanggulangi salah satunya dengan wirausaha. Sebagian dari jumlah pengangguran terbuka adalah mereka yang berpendidikan Diploma/Akademi/dan lulusan Perguruan Tinggi. Kondisi yang dihadapi ini akan semakin diperburuk jika setiap individu hanya berorientasi sebagai pencari kerja (job seeker) bukan menjadi pencipta pekerjaan (job creator) yang dapat menampung beberapa pegawai melalui wirausaha. Dengan demikian, jiwa kewirausahaan dapat diawali dari para mahasiswa perguruan tinggi dengan memberikan kemampuan berwirausaha dan memotivasi untuk berani memilih berwirausaha sebagai sebuah profesi pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor ekspektasi pendapatan, kebebasan dalam bekerja dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung. Teknik pengambilan sampel berupa simple random sampling dengan melakukan survey terhadap 100 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif dan analisis data pada penelitian ini menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan sangat tinggi pada faktor ekspektasi pendapatan yakni sebesar 90,16%, lingkungan keluarga sebesar 78,45% dan kebebasan dalam bekerja sebesar 88,20% terhadap minat berwirausaha.
Kata Kunci: Faktor, Minat Wirausaha, Mahasiswa
Â
Abstract. Unemployment is one that is important in economic development that can be overcome one of them with entrepreneurship. Some of the unemployed are those with Diploma / Academic education /and Higher Education graduates. The conditions used will be further aggravated if each individual only becomes a job seeker (creator of work) rather than being a job creator that can be used by several employees through entrepreneurship. Thus, the entrepreneurial spirit can be started from college students by providing entrepreneurial skills and motivating to dare to choose entrepreneurship as a job profession. This study aims to analyze important factors, freedom in work and family environment towards entrepreneurial interest in students of the Faculty of Economics and Business Bandung Islamic University. The sampling technique was simple random sampling by surveying 100 respondents. Descriptive research methods and data analysis in this study using a Likert scale. The results of the study are very high on the factor of income expectation of 90.16%, family environment of 78.45% and freedom of work of 88.20% of interest in entrepreneurship.
Keywords: Factors, Entrepreneurial Interest, Students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad.1982. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung:
Angkasa
Alma, Buchari. 2000. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta
Alghofari, Farid. 2010. Analisis Tingkat Pengangguran di Indonesia tahun 1980-
Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro,
Semarang.
Amaliah, Ima dan Riani, W. 2013. Strategi Pengembangan Unisba Berdasarkan
Preferensi Masyarakat Kota Bandung. Jurnal Kajian Ekonomi, 9 (1): 01-60
Badan Pusat Statistik. 2017. Penduduk Berumur 15 Tahun Ke Atas Yang Bekerja
Selama Seminggu Yang Lalu Menurut Status Pekerjaan Utama Dan
Pendidikan Tertinggi Yang Di Tamatkan Pada Tahun 2008-2017 dalam
https://www.bps.go.id/statictable/2016/04/11%2000:00:00/1936/penduduk-
berumur-15-tahun-ke-atas-yang-bekerja-selama-seminggu-yang-lalu-
menurut-status-pekerjaan-utama-dan-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan-
-2017.html di akses tanggal 25 Januari 2018 pukul 17.49 WIB.
Badan Pusat Statistik. 2017. Tingkat Pengangguran Terbuka dalam
https://www.bps.go.id/pressrelease/2017/11/06/1377/agustus-2017--tingkat-
pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-50-persen.html di akses tanggal 25
Januari 2018 pukul 19.21 WIB.
Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. 2018. Pedoman Mahasiswa
Wirausaha. Jakarta, Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 2018. Tentang Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam
http://feb.unisba.ac.id di akses pada tanggal 15 Februari 2018 pukul 20.35
WIB.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 2017. Borang Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Bandung: UNISBA.
Frinces, Z. Heflin. 2010. Pentingnya Peofesi Wirausaha Di Indonesia. Jurnal
Ekonomi dan Pendidikan, Vol.7 No. 1.
Handoyo, Rossanto Dwi. 2008. Ekonomi Sumber Daya Manusia Edisi 1.
Universitas Terbuka, Jakarta Selatan.
Instruksi Pesiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1995: Tentang Gerakan
Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan dalam
http://www.bphn.go.id/data/documents/95ip004.pdf di akses tanggal 10
Februari 2018 pukul 20.53 WIB.
KBBI Online, http://kbbi.web.id/preferensi . Diakses pada tanggal 26 Februari
pukul 19.44 WIB.
KBBI Online, http://kbbi.web.id/Kewirausahaan . Diakses pada tanggal 26
Februari 2018 pukul 19.50 WIB.
KBBI Online, http://kbbi.web.id/Wirausaha . Diakses pada tanggal 26 Februari
pukul 19.55 WIB.
Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1,
Erlangga, Jakarta.
Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta:
Erlangga.
Mahesa, Aditya Dion dan Rahardja, Edy. 2012. Analisis Faktor-Faktor Motivasi
Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Vo. 1, No.1,
Hal. 130-137.
Mankiw, Gregory N. 2006. Makroekonomi Edisi Enam. Erlangga: Jakarta.
Putong, Iskandar. 2009. Economics: Pengantar Mikro dan Makro. Edisi ketiga.
Jakarta: Mitra Wacana Media
Rianse, Usman. 2012. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Bandung:
Penerbit Alfabeta.
RZ foundation. 2013. Modul Kewirausahaan. Jakarta, RZ Foundation.
Salvatore. 1997. Teori Mikroekonomi, Edisi Tiga. Jakarta: Erlangga
Subandono, A. 2007. Pengaruh Pembelajaran Life Skill Diklat Kewirausahaan
Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK N 1 Semarang. Skripsi
Fakultas MIPA. Universitas Negeri Semarang.
Sudjana Nana, Rivai Ahmad. 1997. Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suharti, Lieli dan Sirine, Hani. 2011. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap
Niat Kewirausahaan (Entrepreneur Intention) Studi Terhadap Mahasiswa
Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Jurnal Manajemen Dan
Kewirausahaan Vol. 13 No. 2.
Sukirno, Sadono. 2000. Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Edisi kedua. Jakarta:
Erlangga
Surakhmad, Winarno. 1998. Metode Penelitian. Jakarta:Graha Indonesia.
Suryana. 2006. Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat Dan Proses Menuju
Sukses. Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.
Susanto, Adi. 2000. Kewirausahaan. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Syafii, Ahmad. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa
Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi Program Studi Manajemen
Keuangan Syariah. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam
Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Todaro, Michael P dan Stephen C. Smith. 2013. Pembangunan Ekonomi di dunia
Ketiga, edisi kesebelas. Erlangga. Jakarta.
Ulfa, Nadhira dan Maftukhatusolikhah. 2015. Minat Wirausaha Kaum Antri Dan
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Studi Pada Pondok Pesantren Ar-
Riyadh Palembang). Jurnal Ekonomi Vol. 1, No. 1.
Universitas Islam Bandung. 2018. Tentang Unisba dalam
https://www.unisba.ac.id/index.php/id/unisba di akses pada tanggal 15
Februari 2018 pukul 20.29 WIB.
Utami, Erlita Dhiah. 2014. Faktor faktor yang mempengaruhi minat
berwiraswasta (Studi Deskriptif pada Usahawan Rental Komputer di
Sekaran Gunung Pati Semarang). Universitas Negeri Semarang. Skripsi
Program Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
Negeri Semarang, Semarang.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12343
  Â