Perbedaan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 Antara Kurikulum 7 Semester dan 8 Semester

Praluki Herliawan, Fajar Awalia Yulianto, Raden Ganang Ibnusantosa

Abstract


Kecemasan dapat terjadi pada setiap orang, termasuk mahasiswa. Mahasiswa kedokteran memiliki tingkat kecemasan yang tinggi karena beban belajar yang berat disertai jadwal kuliah yang padat. Kecemasan tidak hanya memengaruhi motorik dan visera, tetapi memengaruhi persepsi, belajar, dan berpikir. Pada mahasiswa kedokteran, gejala kecemasan dapat membawa pengaruh buruk, diantaranya performa akademik yang buruk, penyalahgunaan obat-obatan, dan bunuh diri  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan tingkat kecemasan antara mahasiswa. Penelitian ini merupakan deskriptif analitik dengan metode pengambilan secara potong lintang dan simple random sampling. Subjek penelitian adalah mahasiswa tingkat 2 dan tingkat 3 tahun ajaran 2016/2017, menggunakan instrument penelitian Hamilton Aanxiety Rating Scale (HARS). Hasil penelitian menunjukkan dari 50 mahasiswa, terdapat 40 orang mahasiswa yang tidak mengalami kecemasan (80%), 7 mahasiswa mengalami kecemasan ringan (14%), dan 3 mahasiswa yang mengalami kecemasan sedang (6%). Mahasiswa dengan kurikulum 8 semester yang mengalami kecemasan ringan sebanyak 2 orang, sementara yang mengalami kecemasan sedang sebanyak 2 orang. Mahasiswa dengan kurikulum 7 semester yang mengalami kecemasan ringan sebanyak 5 orang, sementara yang mengalami kecemasan sedang sebanyak 1 orang. 


Keywords


Fakultas Kedokteran, HARS, Kecemasan, Mahasiswa Kedokteran, UNISBA

References


Sadock BJ, Sadock VA. Kaplan & Sadock Buku Ajar : Psikiatri Klinis. 2nd ed. Sihombing RNE, Muttaqin H, Nisa TM, Profitasari, editors. Jakarta: Jakarta EGC; 2010. 723 p.

Brenneisen Mayer F, Souza Santos I, Silveira PSP, Itaqui Lopes MH, de Souza ARND, Campos EP, et al. Factors associated to depression and anxiety in medical students: a multicenter study. BMC Med Educ. 2016;16:282.

McDowell I. Measuring Health: A Guide to Rating Scales and Questionnaires, Third Edition. 3rd ed. Oxford University Press; 2006.

Kumaraswamy N. Academic Stress , Anxiety and Depression among College Students- A Brief Review Introduction : Int Rev Soc Sci Humanit. 2013;5(1):135–43.

Nazeer M, Sultana R. Stress and it’s Coping Strategies in Medical Students. Sch J Appl Med Sci Sch J App Med Sci [Internet]. 2014;2(6D):3111–7. Available from: http://saspublisher.com/wp-content/uploads/2014/11/SJAMS-26D3111-3117.pdf

Soliman M. Perception of stress and coping strategies by medical students at King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia. J Taibah Univ Med Sci [Internet]. 2014;9(1):30–5. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.jtumed.2013.09.006

Iqbal Muhammad I. Perbandingan Kecemasan Ibu Primi Dan Multi.Pdf. Global Medical Health Communication; 2015. p. 8.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/kedokteran.v0i0.7035

Flag Counter    Â