Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Diabetes Melitus Tipe II pada Orang Dewasa di UPT Puskesmas Sukajadi

Luthfia Yosti Prastika, Retno Ekowati, Sandy Faisal

Abstract


Abstract. Indonesia ranks 4th as the country with the highest number of type II diabetes mellitus prevalence in the world based on data by WHO. Poor diet can caused high blood sugar level and leads to one of type II diabetes risk factors. This research aims to know dietary habit’s relationship with type II diabetes mellitus in adult at UPT Puskesmas Sukajadi August-November 2019 period. The method used was observational analytic with cross sectional approach and the statistical test used was chi-square.  Sampling and 70 respondents sample size method was done by consecutive sampling formula. The instruments are Food Frequency Questionare and analyzed by nutrition app Nutri Survey. The results of the research showed that 34.28% patients at UPT Sukajadi had good energi intake and 65.5% of patients with excess energi intake has type II diabetes mellitus. After doing some research, it was found that there is a relationship between diet and the incidence of type II diabetes mellitus in adults as seen from their energi intake.

Keywords: Type II Diabetes Mellitus, Type II DM, Diet

Abstrak. Indonesia berada pada urutan ke 4 sebagai negara dengan jumlah prevalensi diabetes melitus tipe II tertinggi di dunia berdasarkan data yang diperoleh WHO. Pola makan yang buruk dapat menyebabkan kadar glukosa dalam darah menjadi tinggi dan berpotensi menjadi salah satu faktor resiko pencetus diabetes melitus tipe II. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan pola makan dengan kejadian diabetes melitus tipe II pada orang dewasa di UPT Puskesmas Sukajadi pada bulan Agustus-November tahun 2019. Metode yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dan uji statistika yang digunakan yaitu chi-square. Populasi penelitian ini adalah pasien UPT Puskesmas Sukajadi dengan teknik pengambilan dan rumus penetuan jumlah sampel sebanyak 70 responden dengan consecutive sampling. Alat ukur penelitian ini menggunakan Food Frequency Questionare dan diolah dengan aplikasi gizi yaitu Nutri Survey. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini sebanyak 34.28% pasien dewasa di UPT Puskesmas Sukajadi memiliki asupan energi yang baik dan sebanyak 65.5% pasien dewasa dengan asupan energi berlebih mengalami diabetes melitus tipe II. Setelah dilakukan penelitian ini didapatkan hasil bahawa terdapat hubungan pola makan dengan kejadian diabetes melitus tipe II pada orang dewasa dilihat dari asupan energinya.

Kata Kunci: Diabetes Melitus Tipe II, DM Tipe II, Pola Makan


Keywords


Diabetes Melitus Tipe 2, Pola Makan, UPT Puskesmas Sukajadi

Full Text:

PDF

References


Sudaryanto A, Setiyadi NA, Frankilawati DA. Hubungan Antara Pola Makan, Genetik, dan Kebiasaan Oloahraga terhadap Kejadian Diabetes Melitus Tipe II di Wilayah Kerja Pusekasmas Nusukan, Banjarsari. TERHADAP KEJADIAN DIABETES MELITUS TIPE II DI Wil KERJA. 2014;(December):7.

Informasi pusat data dan. Info Datin Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI, Situasi dan Analisis DIABETES. Pusat Data dan Informasi Kementerian RI. Jakarta Selatan: kementerian kesehatan RI pusat data dan informasi; 2014.hlm. 8.

Fitri RI YW. Asupan Energi, Karbohidrat, Serat, Beban Glikemik, Latihan Jasmani dan Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2. 2012;46(14):121–31.

Devita Arviani. Gambaran Asupan Makan Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Dengan Kadar Glukosa Darah Pada Pasien Rawat Jalan di RSUD Dr.Moewardi. 2015;

Kunthi Wandansari. Hubungan pola makan dan aktivitas fisik dengan kejadian diabetes mellitus tipe 2 di rsud dr. moewardi surakarta artikel publikasi ilmiah. 2013;

Nugraheni DM. Makanan dan kesehatan. 2015.

Putra F. Hubungan Tingkat Konsumsi Karbohidrat, Lemak, dan Dietary Fiber Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. 2012;(August).

Nur A, Fitria E, Zulhaida A, Hanum S. Hubungan Pola Konsumsi dengan Diabetes Melitus Tipe 2 pada Pasien Rawat Jalan di RSUD Dr . Fauziah Bireuen Provinsi Aceh. 2016;145–50.

Rismayanthi C. Konsumsi Protein Untuk Peningktan Prestasi. :135–45.

Erniyani Edy. Hubungan Asupan Makronutrien dengan Nilai Kadar Glukosa Darah pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Rumah Sakit Umum Panembahan Senopati Bnatul Yogyakarta. 2017;




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/kedokteran.v0i0.21354

Flag Counter    Â