Case Fatality Rate Pasien Kecelakaan Lalu Lintas di RSUD Kabupaten Subang Tahun 2014-2018

Febriyanti Nurhidayah, Dadang Rukanta, Fajar Awalia Yulianto

Abstract


Abstract. Traffic accidents are the biggest cause of death, resulting in more than 1.25 million deaths. Traffic accidents have become a worrying issue for Indonesian because the number of traffic accidents is still high, so it requires attention and treatment to avoid the consequences. Factors that influence the causes of traffic accidents are driver factors, vehicle factors, and environmental factors. The purpose of this study was to determine the case fatality rate of traffic accident patients in RSUD Kabupaten Subang. This research used descriptive method with cross-sectional design. Data was taken from the medical records of traffic accident patients in RSUD Kabupaten Subang in 2014-2018. The sampling method used  total sampling. Data were analyzed univariately using Stata version 11. The results showed the number of traffic accidents every year always increased, the number of male victims more than women. Types of traffic accidents with the most occurrences were single accidents (46.03%), with the highest number of non-head injury patients (54.65%), the number of deaths due to traffic accidents decreased, the highest number of deaths in the age group 56-80 years (33.33%) , the highest number of accident victims in the 16-20 years age group (15.79%), Case Fatality Rate 15% to 22%. Conclusion The Case Fatality Rate (CFR) in RSUD Kabupaten Subangl is quite high if compared to the Case Fatality Rate (CFR) in Indonesia. This is due to many factors that cause the increase in traffic accidents.

Keywords: Case Fatality Rate, RSUD Kabupaten Subang, Traffic Accident

Abstrak. Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab kematian terbesar, yang mengakibatkan lebih dari 1,25 juta kematian. Kejadian kecelakaan lalu lintas menjadi isu mengkhawatirkan bagi masyarakat Indonesia karena angka kejadian kecelakaan lalu lintas masih tinggi, sehingga memerlukan perhatian dan juga penanganan untuk menghindari akibat yang ditimbulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui case fatality rate pasien kecelakaan lalu lintas di RSUD Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan desain potong lintang. Data diambil dari rekam medis pasien kecelakaan lalu lintas di RSUD Kabupaten Subang tahun 2014-2018. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Data dianalisis secara univariat menggunakan Stata versi 11. Hasil penelitian menunjukan jumlah kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya selalu meningkat, jumlah korban laki-laki lebih banyak dibandingkan dengan perempuan. Jenis kecelakaan lalu lintas dengan kejadian terbanyak adalah kecelakaan tunggal (46.03%), dengan kejadian terbanyak pasien non head injury (54.65%), jumlah kematian akibat kecelakaan lalu lintas semakin menurun, jumlah kematian terbanyak pada kelompok usia 56-80 tahun (33.33%), jumlah korban kecelakaan terbanyak pada kelompok usia 16-20 tahun (15.79%), Case Fatality Rate 15% sampai 22%. Kesimpulan Case Fatality Rate (CFR) di RSUD Kabupaten Subang cukup tinggi jika dibandingkan dengan Case Fatality Rate (CFR) di Indonesia. Hal ini disebabkan karena banyak faktor yang menyebabkan meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas. 

Kata kunci: Case Fatality Rate, Kecelakaan Lalu Lintas, RSUD Kabupaten Subang



 

Keywords


Case Fatality Rate, Kecelakaan Lalu Lintas, RSUD Kabupaten Subang

Full Text:

PDF

References


Marsaid, Hidayat M, Ahsan. Identifikasi kecelakaan lalu lintas pada pengendara sepeda motor di wilayah polres kabupaten malang. J Ilmu Keperawatan. 2013;1(2):98–112.

Lumandung FT, Siwu JF, F.Malo J. Gambaran korban meninggal pada kecelakaan lalu lintas di bagian forensik BLU RSUP Pof.Dr.R .D. kandou manado periode tahun 2011- 2012. J e-Clinic. 2012;2(1):1–9.

Fadhilah N, Harahap WA, Lestari Y. Faktor-faktor yang berhubungan dengan waktu tanggap pada pelayanan kasus kecelakaan lalu lintas di instalasi gawat darurat rumah sakit umum pusat Dr . M . Djamil. J Kesehat Andalas. 2015;4(1):195–201.

CNN Indonesia. Usia Produktif Dominasi Korban Kecelakaan Lalu Lintas. 2017.

Misi V. Jumlah kecelakaan lalu lintas menurut polres dan kendaraan yang terlibat di provinsi jawa barat tahun 2016, 2018.

Direktorat Keselamatan Transportasi Darat., 2013. Statistik Perhubungan 2013.

Hidayati A, Hendrati LY. Analisis risiko kecelakaan lalu lintas berdasarkan pengetahuan, penggunaan jalur, dan kecepatan berkendara. J Berk Epidemiologi. 2016; 275-287

Sugiyanto, Gito & Santi MY. Karakteristik kecelakaan lalu lintas dan pendidikan keselamatan berlalul intas sejak usia dini. J Ilm Semesta Tek. 2015; 65-75

Dharma A. Identifikasi kecelakaan lalu lintas. J Mhs Tek. 2014;1(1):1–6

Adinugroho N, Kurniawan B, Wahyuni I. Faktor yang berhubungan dengan praktik safety driving pada pengemudi angkutan kota jurusan banyumanik-johar kota semarang. J Kesehat Masy. 2014;2(6):332–338.

Mahawati E, Prasetya J. Analisis penggunaan handphone saat berkendara terhadap potensial kecelakaan lalu lintas pada remaja di semarang. J Semant. 2013;435–442.

Dwiprahasto Iwan. Epidemiologi klinik. Epidemiologi. 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/kedokteran.v0i0.20410

Flag Counter    Â