Tingkat Pengetahuan Tenaga Medis di Rumah Sakit Al-Islam Kota Bandung Tentang Jaminan Kesehatan Nasional

abiyoga basu galindra wicaksono, Eka Nurhayati, Yudi Feriandi

Abstract


Rumah Sakit Al-Islam (RSAI) Kota Bandung merupakan rumah sakit swasta yang menyelenggarakan pelayanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Sebagai rumah sakit swasta, RSAI dituntut untuk mampu menyeimbangkan tujuan mencari laba (profit) dengan pemberian pelayanan yang berkualitas kepada pasien. Komitmen dan profesionalisme seluruh jajaran rumah sakit, utamanya peran tenaga medis sebagai ujung tombak layanan kesehatan, menjadi strategi RSAI untuk menjadikan program JKN sebagai peluang bagi perkembangan usaha rumah sakit.  Pengetahuan  Tenaga Medik tentang program JKN menjadi faktor penentu bagi pelayanan kesehatan yang efesien dan berkualitas dalam rangka kendali mutu dan biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pengetahuan yang dimiliki oleh tenaga medis di RSAI tentang program JKN. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif, dengan mengambil sampel 34 orang tenaga medis di RSAI.  Penggalian data dilakukan melalui penyebaran kuesioner untuk memperoleh informasi tentang pengetahuan pada aspek peraturan, aspek pelayanan, dan aspek pembiayaan.  Analisis statistik menggunakan microsoft excel, dan disajikan dengan tabel distribusi frekuensi dan diagram batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar tenaga medis di RSAI memiliki pengetahuan tentang program JKN dalam kategori baik yaitu sebanyak 97,1%, kategori cukup 2,9%, dan kategori kurang 0% dari total sampel. Tingkatan pengetahuan Tenaga Medis di Rumah Sakit Al-Islam yang paling baik adalah pengetahuan pada aspek pelayanan, tingkatan kedua pada pengetahuan aspek pembiayaan, dan yang terakhir pengetahuan pada aspek peraturan. Kesimpulan dapat dikatakan bahwa sebagian besar Tenaga Medis di Rumah Sakit Al-Islam mengetahui dengan baik tentang program pemerintah mengenai JKN.

Keywords


JKN, Pengetahuan, RS Al-Islam, Tenaga Medis

References


U Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomer 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, Jakarta 2009. [diunduh 1 Febuari 2015] Tersedia dari: http://e-report.alkes.kemkes.go.id/dat/UU_No._36_Th_2009_ttg_Kesehatan.pdf

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Kesehatan Nasional. [diunduh 21 Februari 2015]. Tersedia dari: http://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/19788/node/186/uu-no-40-tahun-2004-sistem-jaminan-sosial-nasional

Buku Pegangan Sosialisasi [homepage di internet]. Indonesia: [diunduh 1 Febuari 2015]. Tersedia dari:

http://www.depkes.go.id/resources/download/jkn/buku-pegangan-sosialisasi-jkn.pdf

Find The Best Indonesia. RS.Al-Islam Bandung [homepage di internet]. Indonesia: FindTheBest Inc.; [diunduh 28 Januari 2015]. Tersedia dari: http://rumah-sakit.findthebest.co.id/l/2178/RS-Al-Islam-Bandung

Martabat. Manfaat JAMSOSTEK – Jaminan Pelayanan Kesehatan [homepage di internet]. Indonesia; Martabat, Inc.; [diunduh 25 Januari 2015]. Tersedia dari:

http://www.jamsosindonesia.com/cetak/print_artikel/ 67

HukumOnline.com. Strategi Rumah Sakit Swasta menghadapi JKN [hompage di internet]. Indonesia. [diunduh 21 Februari 2015].

Tersedia dari:http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt53301a7aa8ae6/ini- strategi-rumah-sakit-swasta-hadapi-jkn

Notoatmodjo S. Konsep Perilaku Kesehatan. Dalam: Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta; 2010. hlm 26-32

Notoatmodjo S. Konsep Perilaku Kesehatan. Dalam: Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta; Rineka Cipta 2003

Notoatmodjo S. Konsep Perilaku Kesehatan. Dalam: Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta; Rineka Cipta; 2014.

Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional. [diunduh 25 Februari 2015]. Tersedia dari :

http://www.litbang.depkes.go.id/sites/download/materi_pertemuan/pra_raker/AP_SKN_LITBANGKES.pdf

Undang-Undang nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran. [diunduh 25 Februari 2015]. Tersedia dari :

http://www.litbang.depkes.go.id/sites/download/regulasi/uu/UU_No._29_Th_2004_ttg_Praktik_Kedokteran.pdf

Liputan6 Indonesia. [homepage di internet]. Indonesia: Liputan6 Inc.; [diunduh 1 Februari 2015]. Tersedia dari: http://health.liputan6.com/read/ 780254/15-pelayanan-kesehatan-yang-tidak-dijamin-dalam-jkn

BPJS Kesehatan Pentingkan Kualitas Faskes Tingkat Pertama [homepage di internet]. [diunduh 25 Februari 2015]. Tersedia dari:

http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/post/read/2015/314/BPJS-Kesehatan-Pentingkan-Kualitas-Faskes-Tingkat-Pertama

Jamkes Indonesia. Minim Pemahaman Sistem Rujukan BPJS Kesehatan [homepage di internet]. Indonesia: Jamkes Indonesia.; [diunduh 21 Februari 2015].Didapat dari: http://www.jamkesindonesia.com/home/cetak/254/Minim%20Pemahaman%20Sistem%20Rujukan%20BPJS%20Kesehatan




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/kedokteran.v0i0.1280

Flag Counter    Â