Pola Komunikasi Dakwah Interpersonal dalam Keluarga untuk Penanaman Nilai-Nilai Islam terhadap Anak di Wilayah Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Sasi Zakiatinnisa, Irfan Safrudin, Nandang HMZ.

Abstract


Abstract. The pattern of interpersonal preaching communication by parents is crucial to success in the cultivation of Islamic values in children. Because at this time the child is easy to accept the planting of Islamic values from the words they hear, the actions, deeds and attitudes they see and the treatment they feel from their parents. This study aims to find out how the pattern of interpersonal preaching in the family for the planting of Islamic values to children. The type of research that researchers do is field research with a qualitative approach that is descriptive analysis. Subjects of this study were parents. The data were collected using observation method, interview, documentation and questionnaire. While in technical data analysis using technical analysis of data Suyanto and Sutinah consisting of three activity flow that is data reduction, data presentation and conclusion.The results of this study indicate that the pattern of interpersonal preaching in the family for the planting of Islamic values to children in the district of Jebus, using exemplary methods, customs, advice, supervision and punishment. While the values of Islam are embedded include the value of aqidah, syari'ah, and akhlak.
Keywords: Interpersonal Dakwah Communication, Islamic Values and Jebus District

 

Abstrak. Pola komunikasi dakwah interpersonal oleh orang tua sangat menentukan kesuksesan dalam penanaman nilai-nilai islam pada anak. Karena pada masa ini anak mudah menerima penanaman nilai-nilai Islam dari ucapan yang mereka dengar, tindakan, perbuatan dan sikap yang mereka lihat maupun perlakuan yang dirasakannya dari orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi dakwah interpersonal dalam keluarga untuk penanaman nilai-nilai Islam terhadap anak. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Subjek dari penelitian ini adalah orang tua. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Sedangkan dalam teknis analisis data menggunakan teknis analisis data Suyanto dan Sutinah yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi dakwah interpersonal dalam keluarga untuk penanaman nilai-nilai Islam terhadap anak di wilayah kecamatan Jebus, dengan menggunakan metode keteladanan, adat kebiasaan, nasihat, pengawasan dan hukuman. Sedangkan nilai-nilai islam yang ditanamkan meliputi nilai aqidah, syari’ah, dan akhlak.
Kata Kunci: Komunikasi dakwah interpersonal, Nilai-nilai Islam dan Wilayah Kecamatan Jebus


Keywords


Komunikasi dakwah interpersonal, Nilai-nilai Islam dan Wilayah Kecamatan Jebus

Full Text:

PDF

References


Wahyu Ilaihi. 2010. Komunikasi Dakwah. (Bandung : PT Remaja Rosdakarya), hlm. 26

Arifin Muhammad. 1996. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara). hlm 158

Soejanto Agoes. 2001. Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Roedakarya, hlm 27.

Bambang S. Ma’arif. 2010. Komunikasi Dakwah Paradigma Untuk Aksi. Bandung : Remaja Rosdakarya. hlm 95

Rachmat Jalaluddin. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, Hlm. 79

Daradjat, zakiah. 1994. Pendidikan islam dalam keluarga dan sekolah. Jakarta: Ruhama, hlm 47

Muhammad Zein. 1990. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: AK Group dan Indra Buana, hlm. 32




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v4i1.9931

Flag Counter        Â