Aktivitas Dakwah Yayasan Daarul Muttaqiin Kelurahan Cibeureum Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi dalam Membina Masyarakat Agamis

Moh. Nurwahid Fauzi, Bambang S. Maarif, Arifin Syatibi

Abstract


Abstract. Moh. Nurwahid Fauzi. 10020213017. Dakwah Activities Darul Muttaqiin Foundation In Fostering the Religious Community.Today amidst the ongoing community crisis in all aspects of life. The fact that we can see at this time that the younger generation who became the foundation of hope. In this community there is often a problem between one community with other communities, such as drunkenness, robbery and other crimes. In Cibeureum Urban society many problems because the people are diverse, because they work in offices, factories, towing delmans, and pedicab. Daarul Muttaqiin Foundation located in the area, started preaching by providing basic materials for daily needs. As time went on the institution began many who follow pengajian.yang first society is very difficult to accept the arrival of a foundation that provides deepening religion. Problems in this research are formulated as follows: (1) How History of Daarul Muttaqiin Foundation and Its Dynamics ?, (2) How is Da'wah Da'wah Da'wah Da'wah's Da'wah Activity Activity in Community Development of Agamis in Cibeureum Sub-District of Cimahi Selatan City of Cimahi ?, (3) da'i who can make religious society in Cibeureum sub-district of South Cimahi Cimahi city ?, (4) How is opportunity and challenge in religious society development in Cibeureum sub-district of South Cimahi, Cimahi city?Researchers use a qualitative approach. With data collection techniques that rely on interviews, observation, and documentation include: documents, books sources, journals.The results of this research are: (1) Daarul Muttaqiin Foundation was established in 2000, under the name of At-Taqwa Foundation which started from establishing mosque in Kebon Kopi area, at that time the environment is still far from religion. (2) Da'wah Activity conducted by Daarul Muttaqiin Foundation to build the first community is to take the heart of society with bil maal, finally people want to follow and join in pengajian ust.Asep Rohidin. the second is with the bil wisdom, mau'idhoh hasanah and al mujadalah in a good way. Activity is done every week once. (3) The method of selecting the da'i by selecting and not mutually criticizing people with different opinions means that they can adapt to the environment. (4) The Daarul Muttaqiin Foundation has the opportunity and the challenge to change the nature of society as opposed to Religion. And the challenge is in hate by people who are not aware of the Religion, because community Cibeureum Village still thinks Religion is less important.

Keywords: Activity, Da’wah, Daarul Muttaqiin Company, Civil Of District Cibeureum

 

Abstrak. Moh. Nurwahid Fauzi. 10020213017. Aktivitas dakwah Yayasan Darul Muttaqiin Dalam Membina Masyarakat Agamis. Dewasa ini di tengah-tengah masyarakat sedang berlangsung krisis dalam segala aspek kehidupan. Kenyataan yang dapat kita lihat saat ini bahwa generasi muda yang menjadi tumpuan harapan. Di Masyarakat ini sering terjadi problem antara masyarakat satu dengan masyarakat yang lainnya, seperti mabuk, perampokan dan kejahatan lainnya. Pada masyarakat Kelurahan Cibeureum banyak problem dikarenakan masyarakatnya beragam, karena mereka bekerja di perkantoran, pabrik, penarik delman, dan becak. Yayasan Daarul Muttaqiin yang berada di daerah tersebut, memulai berdakwahnya dengan memberikan bahan-bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari. Seiring berjalannya waktu lembaga tersebut mulai banyak yang mengikuti pengajian.yang mula-mula masyarakat sangat sulit menerima kedatangan sebuah Yayasan yang memberikan pendalaman agama. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana Sejarah Yayasan Daarul Muttaqiin dan Dinamikanya?, (2) Bagaimana aktivitas dakwah Islam Yayasan Daarul Muttaqiin dalam pembinaan masyarakat Agamis di kelurahan Cibeureum kecamatan Cimahi Selatan kota Cimahi?, (3) Bagaimana metode pemilihan da’i yang mampu menjadikan masyarakat agamis di kelurahan Cibeureum kecamatan Cimahi Selatan kota Cimahi?, (4) Bagaimana peluang dan tantangan dalam pembinaan masyarakat agamis di kelurahan Cibeureum kecamatan Cimahi Selatan kota Cimahi ?. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yang bertumpu pada wawancara, observasi, dan dokumentasi diantaranya: dokumen-dokumen, buku-buku sumber, jurnal. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Yayasan Daarul Muttaqiin didirikan tahun 2000, dengan nama Yayasan At-Taqwa yang berawal dari mendirikan masjid di daerah  Kebon Kopi, yang pada waktu itu lingkungannya masih jauh dari agama. (2) Aktifitas Dakwah yang dilakukan oleh Yayasan Daarul Muttaqiin untuk membina masyarakat yang pertama adalah mengambil hati masyakat dengan bil maal, akhirnya masyarakat mau mengikuti dan bergabung dalam pengajian ust.Asep Rohidin. yang kedua adalah dengan bil hikmah, mau’idhoh hasanah dan al mujadalah dengan cara yang baik. Kegiatan yang dilakukan adalah pengajian setiap satu minggu sekali. (3) Metode pemilihan da’i dengan cara menyeleksi dan tidak saling mencaci masyarakat yang berbeda pendapat artinya bisa menyesuaikan dengan lingkungan. (4) Yayasan Daarul Muttaqiin memiliki peluang dan tantangan untuk merubah sifat-sifat masyarakat yang bertentangan dengan Agama. Dan tantangannya adalah di benci oleh masyarakat yang belum sadar terhadap Agama, karena masyarkat Kelurahan Cibeureum masih beranggapan Agama itu kurang penting.

Kata Kunci: Aktivitas, Dakwah, Yayasan Darul Muttaqin, Masyarakat kelurahan Cibeureum.


Keywords


Aktivitas, Dakwah, Yayasan Darul Muttaqin, Masyarakat kelurahan Cibeureum.

Full Text:

PDF

References


Aaker, A. David. 2002. Ekuitas Merek (Edisi Indonesia). Jakarta: Mitra Utama.

Alma, Buchari. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alvabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Syaifuddin. 2005. Metode Penelitian. Jogyakarta: Pustaka Belajar.

Cangara, H. Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmadi, Sugianto dkk. 2010. Inovasi Pasar dengan Iklan yang Efektif (Strategi, Program dan Teknik Pengukuran). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, Darmadi dan C. Liana. 2001. Analisis Efektifitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumer Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan. Volume IV Nomor




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v4i1.9398

Flag Counter        Â