Studi Deskriptif Analitik tentang Manajemen Dakwah Pesantren Al-Ittifaq Ciwidey dalam Memberdayakan Santri dan Masyarakat terhadap Lingkungan Hidup

Mikdarulloh Mikdarulloh, Irfan Safrudin, Farihat Kamil

Abstract


Pesantren Al-Ittifaq merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Agama Islam yang tidak hanya bergerak dalam Pendidikan Agama Islam, juga bergerak dalam Pelestarian lingkungan Hidup, dan menjadi Pelopor pertama Pesantren berbasis Lingkungan Hidup khususnya di Kabupaten Bandung. Pesantren Al-Ittifaq memiliki tujuan khusus yaitu Ikhlas dalam pelayanan untuk menegakkan syi’ar Islam melalui da’wah bil hal. Berdasarkan pemikiran di atas penulis tertarik menjadikannya sebagai sebuah penelitian. Lokasi penelitian ini di kampung ciburial, Desa Alam Endah,  Ciwidey Kabupaten Bandung. subyeknya adalah Pesantren Al-Ittifaq. Dengan objeknya adalah Santri dan Masyarakat sekitar Pesantren Al-Ittifaq.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif lapangan (field research) terhadap data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data, dilakukan melalui beberapa tekhnik meliputi keikutsertaan peneliti di lapangan, kemudian data di analisis dengan cara deskriptif interpretatif. Dari hasil penelitian, dapat diperoleh bahwa dakwah Islam Pesantren Al-Ittifaq dalam upaya  Memberdayakan Lingkungan Hidup, dibagi menjadi empat metode yaitu: dakwah bil hal, bil lisan, bil qolam, serta bil qolbu. Dakwah dalam bentuk bil hal: Pengajian rutin, piket harian dan jum’at bersih, bakti sosial, penanaman pohon. Dakwah bil lisan: kajian Mingguan, Seminar, Penyuluhan tentang Lingkungan Hidup, Dakwah bil qolam: membuat tulisan berupa mading, majalah, dan buku. Dakwah bil qolbu: melakukan sikap penolakan terhadap apa yang tidak sesuai dengan perintah Allah SWT. Faktor pendukung jalannya aktivitas dakwah Islam Pesantren Al-Ittifaq dalam upaya Memberdayakan Lingkungan Hidup: adanya kesadaran dari pimpinan pesantren terhadap Lingkungan hidup, pengajar dan santri sangat antusias dalam praktik Lingkungan Hidup. Faktor penghambat: minimnya  pemahaman santri tentang Lingkungan Hidup, sebagian orangtua tidak setuju anaknya belajar Agrobisnis, Dakwah Islam Pesantren Al-Ittifaq dalam  upaya Memberdayakan Lingkungan Hidup memberikan dampak yang positif dan berpengaruh kepada kehidupan sehari-hari baik dalam hal tingkahlaku, khususnya dalam hal pelestarian Lingkungan Hidup dan hubungan mereka kepada Allah SWT.


Keywords


aktivitas dakwah Islam, Lingkungan Hidup, Dakwah Islam dalam Lingkungan Hidup

References


Abdul Rosyad Saleh. 2004. Manajemen Dakwah Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Abdurrahman, Maman. 2012. Memelihara Lingkungan Dalam Ajaran Islam. Bandung.

Al-Attas, S.M.N., Masyarakat madani Malaysia: Satu Gagasan dalam Masyarkat Madani, Satu Tinjauan Awal, Selangor: Institut Strategi Pembangunan Malaysia, 1998.

Partowidagdo W, Mengenal Pembangunan dan Analisis Kebijakan (Bandung: Program Pascasarjana Studi Pembangunan ITB, 2004).

Mangunjaya, F.M,A. Rahmat, A.H. Yahya, dan M.A Darraz. 2011. Islam Peduli Lingkungan. Modul suplemen pendidikan al Islam berwawasan lingkungan untuk SMA/SMK/Aliyah. Maarif Institute.Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6778

Flag Counter        Â