Sikap Masyarakat Tamansari terhadap Aktivitas Dakwah Masjid Mubarok
Abstract
Abstract. Public attitudes Tamansari against missionary activity mosque Al Mubarok Bandung, menemkan some problems such as public attitudes to activity Dawah less well, such as: young people who still like to drink liquor (khamr), even those that are students are often seen hanging out together while dating and smoking, lack of parental attention to children on missionary activities, such as prayer in congregation, and the Koran in the mosque. when adzan indifferent, the severity of each prayer time arrives worshipers bit, bada evening there is usually a recitation of children but only a few that follow, when on Friday they were passing motors. Based on the formulation of the problem and the research questions previously outlined, the objectives of this study were: To obtain data on public attitudes toward missionary activity in mosques as well as obtain data enabling and inhibiting factors propaganda activities at Al Mubarok Tamansari Bandung.The benefits of this research are expected to benefit in the theoretical and practical as follows: Theoretically: The results of this study are expected to add to their repertoire of knowledge about the activities and effectiveness of propaganda especially for propaganda agencies mosque Al Mubarok Tamansari Bandung. Practically: For the results of this study are expected to provide knowledge about morality and knowledge about the importance of preaching in Islam, and can increase community participation interest in participating in missionary activities in Masjid Al Mubarok Tamansari Bandung.The method used is descriptive method with quantitative processing (Parametric). in this study using techniques of observation, interviews, and literature is complementary to mengkomparasikan existing data.Based on data analysis for sub stance obtained scores of cognitive variables 376, sub scores for affective variables of 676, and a score for the variable connative of 612. Hypothesis testing using a product Moment Correlation or Product Moment Correlation. The result of this research data shows that the value Significance of 0,000 <α 0.05. With this result means that the hypothesis HO rejected so that it can be concluded that the Tamansari community has an influence on the missionary activity of the mosque Al Mubarok. This leads to the positive direction of the correlation is very strong affective aspects rather than cognitive and conative.
Abstrak. Sikap masyarakat Tamansari terhadap aktivitas dakwah masjid Al Mubarok Kota Bandung, menemkan beberapa masalah diantaranya sikap masyarakat terhadap aktifitas dawah kurang baik, seperti: anak muda yang masih suka minum minuman keras (khamr), bahkan yang berstatus pelajar pun sering terlihat nongkrong bareng sambil pacaran dan merokok, kurangnya perhatian orangtua terhadap anak atas kegiatan dakwah, seperti sholat berjama’ah, serta mengaji di masjid. ketika adzan berkumandang acuh tak acuh, parahnya setiap waktu shalat tiba jamaah pun sedikit, bada magrib biasanya ada pengajian anak-anak tetapi hanya beberapa yang mengikuti, ketika hari Jum’at masih ada yang lewat menggunakan motor. Berdasarkan rumusan masalah dan pertanyaan-pertanyaan penelitian yang sebelumnya telah diuraikan, maka tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk memperoleh data sikap masyarakat terhadap aktivitas dakwah di masjid  serta memperoleh data faktor pendukung dan penghambat aktifitas dakwah di masjid Al mubarok Tamansari Kota Bandung. Adapun manfaat dari penelitian ini diharapkan adanya manfaat teoritis dan praktis yaitu sebagai berikut: Secara teoritis: Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah pengetahuan mengenai kegiatan dan efektifitas dakwah khusunya bagi lembaga dakwah masjid Al Mubarok Tamansari Kota Bandung. Secara praktis: Bagi masyarakat hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang akhlaq serta pengetahuan tentang pentingnya dakwah dalam Islam, serta dapat meningkatkan minat keikutsertaan masyarakat dalam mengikuti kegiatan dakwah di Masjid Al Mubarok Tamansari Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengolahan secara kuantitatif (Parametrik). dalam penelitian ini menggunakan Teknik observasi,wawancara dan studi pustaka adalah pelengkap untuk mengkomparasikan data-data yang ada. Berdasarkan analisis data sikap diperoleh skor untuk sub variabel kognitif sebesar 376, skor sub untuk variabel afektif sebesar 676, dan skor untuk variabel konatif sebesar 612. Uji hipotesis dengan menggunakan Uji Korelasi Momen produk atau Corelation Product Moment. Hasilnya data penelitian ini menunjukan bahwa nilai Signifikasi 0,000 < α 0,05. Dengan hasil ini berarti hipotesis tolak HO sehingga dapat disimpulkan bahwa masyarakat Tamansari memiliki pengaruh terhadap aktivitas dakwah masjid Al Mubarok. Hal ini mengarah pada arah positif dengan korelasi aspek afektif yang sangat kuat daripada aspek kognitif dan konatif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Benson Niger psikologi for begins, mizan bandung:2000:152
saifudin azwar, sikap manusia teori dan pengukurannya, 2015:30-36
Koentjaraningrat, pengantar antropologi,1996:119-122
Soerjono soekanto, sosiologi suatu pengantar,2015:136-140.
toto tasmara, komunikasi dakwah,Jakarta : Gaya Media Pratama, 1997: hal 31
Wardi Bachtiar, Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah, (Jakarta: Logos Wahan Ilmu, 1997:34).
Basrih Lubih, Ilmu Dakwah(Jakarta, CV. Tursinna, 1993:46)
Abdul Rosyad Saleh, Manajemen Dakwah Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1986:8-9
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4670
    Â