Strategi Komunikasi Dakwah Kantor Urusan Agama (KUA) di Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to determine the direction of policy in fostering prospective brides at the Office of Religious Affairs (KUA) in Losarang District, the implementation of fostering prospective brides at the Office of Religious Affairs (KUA) in Losarang District, the material presented in fostering prospective brides at the Office of Religious Affairs (KUA). Losarang District, the relationship between prospective brides and grooms with da'wah, and to find out the communication strategy of da'wah in fostering prospective brides. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. Data through the results of observations, interviews, and documentation. There were 9 informants in this study. The results of the study found that the policy direction in fostering prospective brides at the Office of Religious Affairs (KUA) of Losarang District was to remind about household procedures that were Sakinah, Mawaddah, and Rahmah, as well as reduce the number of disputes and domestic violence, the implementation of fostering prospective brides and grooms. What was done by the Office of Religious Affairs (KUA) of Losarang District could not be said to be successful, this can be seen from the results of the researcher's interview with the Head of the Office of Religious Affairs (KUA) of Losarang District, that there are still prospective bride and groom participants who do not follow the implementation of coaching due to information and time problems. , materials related to household according to Islamic teachings. The methods and media used in delivering the material are adapted to the times, the link between the bride and groom coaching material and the da'wah is that the person being fostered is part of the da'wah, the da'wah strategy for coaching the bride and groom in the Office of Religious Affairs (KUA) has a positive response from the participants of the prospective coaching bride.
Keywords: Strategy, Communication, Da'wah, Bride and Groom.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui arah kebijakan dalam pembinaan calon pengantin di Kantor urusan Agama (KUA) Kecamatan Losarang, pelaksanaan pembinaan calon pengantin di Kantor urusan Agama (KUA) Kecamatan Losarang, materi yang disampaikan dalam pembinaan calon pengantin di Kantor urusan Agama (KUA) Kecamatan Losarang, kaitan materi pembinaan calon pengantin dengan dakwah, dan untuk mengetahui strategi komunikasi dakwah dalam pembinaan calon pengantin.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data ditemukan melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang.
Hasil penelitian menemukan, bahwa arah kebijakan dalam pembinaan calon pengantin di Kantor urusan Agama (KUA) Kecamatan Losarang adalah untuk mengingatkan tentang tata cara rumah tangga yang Sakinah, Mawaddah, dan Rahmah, serta mengurangi angka perselisihan dan kekerasan dalam rumah tangga, pelaksanaan pembinaan calon pengantin yang dilakukan oleh Kantor urusan Agama (KUA) Kecamatan Losarang belum bisa dikatakan berhasil, hal ini terlihat dari hasil wawancara peneliti dengan Kepala Kantor urusan Agama (KUA) Kecamatan Losarang, bahwa masih adanya peserta calon pengantin yang tidak mengikuti pelaksanaan pembinaan dikarenakan masalah informasi dan waktu, materi-materi yang berkaitan tentang rumah tangga sesuai ajaran Islam. Adapun metode dan media yang digunakan dalam penyampaian materi disesuaikan dengan perkembangan zaman, kaitan materi pembinaan calon pengantin dengan dakwah adalah bahwa orang yang dibina merupakan bagian dari dakwah, strategi dakwah pembinaan calon pengantin di Kantor urusan Agama (KUA) memiliki respon positif dari peserta pembinaan calon pengantin. Dengan menggunakan komunikasi proaktif persuasif.
Kata Kunci: Strategi, Komunikasi, Dakwah, Pengantin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sumber dari Buku:
Herpratiwi. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Ma'arif, B. S. (2015). Psikologi Komunikasi Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Masruroh, L. (2020). Komunikasi Persuasif Dalam Konteks Dakwah Indonesia. Kelintang Baru: Scorpio Media Pustaka.
Sumber dari Jurnal:
Yeni Agustina, “Fungsi BP4 Dalam Mengatasi Perceraian di KUA†dalam Skripsi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2018
Sumber dari Internet:
Refleksi Peran KUA Kecamatan dalam http://saalim unazzam Blogspot.com/p/refleksi-peran-kua-kecamatan.html, diakses 19/11/2018, pukul 21:30.
Seputar Indramayu dalam https://www.youtube.com/watch?v=fziJN8ZxGRQ, Profil Kabupaten Indramayu, diakses 21/01/2021.
Wawancara:
Kanapi sebagai Ketua Bidang BP4 KUA Kecamatan Losarang
Ayat Al-Qomari sebagai Penyuluh KUA Kecamatan Losarang
Daun Asprianto, Peserta Pembinaan Calon Pengantin
Nurdianto Didit, Rodhiyah Khuza'i, Asep Ahmad Siddiq.(2021), Strategi Dakwah Pemuda Persis Cabang Cimenyan dalam Meningkatkan Akidah Pemuda di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, vol 1, 13-16.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pkpi.v0i0.30470
    Â