Pengaruh Desain Grafis Sebagai Media Dakwah Pada Akun Instagram @TAQWART Terhadap Akhlak Followers

Fani Agung Mulyani, Bambang S Ma’arif, parihat kamil

Abstract


Abstract: In modern life, the use of graphic design as a medium of da'wah is now in great demand. This is marked by the presence of da'wah activists who actively spread da'wah messages visually through graphic design and uploaded to social media Instagram. According to data released by Napoelon Cat, in the period January to May 2020 the number of active Instagram users in Indonesia reached 69.2 million users. One of the accounts on Instagram social media named @taqwart is an account that contains da'wah content/activities using graphic design concepts. The graphic design elements in the account also have the power of persuasion that can affect the morals of followers. Graphic design elements will be a determining factor in the success of a persuasion effort. This study aims to measure the magnitude of the influence of graphic design as a medium of propaganda on the morals of followers. The research method used is quantitative method and the type of statistical method used is parametric statistics with a Likert scale. The data analysis techniques used are validity test, reliability test, classical assumption test, correlation test, Pearson correlation analysis, simple linear regression analysis, hypothesis testing, and coefficient of determination test. The results showed that when viewed from the results of the R-Square value in the LXI table, as well as the results of the hypothesis test listed in the LX table, it can be stated that there is an influence of graphic design as a medium of propaganda for the Instagram account @taqwart (X) on the morals of followers (Y). From the statement above that H0 is rejected and Ha is accepted, it can be concluded that the hypotheses H1a, H1b, H1c, H2 and H3 in this study are valid and correct answers.

Keywords: Da'wah @Taqwart, Media Da'wah, Elements of Graphic Design, Morals

Abstrak: Dalam kehidupan serba modern, pemanfaatan desain grafis sebagai media dakwah kini cukup banyak diminati. Hal tersebut ditandai dengan hadirnya aktivis dakwah yang aktif menyebarkan pesan-pesan dakwah secara visual melalui desain grafis dan diunggah dimedia sosial Instagram. Menurut data yang dirilis oleh Napoelon Cat, pada periode Januari hingga Mei 2020 jumlah pengguna aktif Instagram di Indonesia mencapai 69,2 Juta pengguna. Salah satu akun di media sosial Instagram bernama @taqwart merupakan akun yang berisi konten/kegiatan dakwah dengan menggunakan konsep desain grafis. Elemen-elemen desain grafis dalam akun tersebut pun memiliki daya persuasi yang bisa mempengaruhi akhlak followers. Elemen desain grafis akan menjadi faktor penentu dalam keberhasilan upaya persuasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besaran pengaruh desain grafis sebagai media dakwah terhadap akhlak followers. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan jenis metode statistik yang digunakan adalah statistik parametrik dengan skala likert. Adapun teknik analisa data yang digunakan berupa uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, analisis korelasi Pearson, analisis regresi linear sederhana, uji hipotesis, serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa jika ditinjau dari hasil nilai R-Square pada tabel LXI, serta pada hasil uji hipotesis yang tercantum dalam tabel LX dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh desain grafis sebagai media dakwah akun Instagram @taqwart (X) terhadap akhlak followers (Y). Dari pernyataan di atas bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yaitu H1a, H1b, H1c, H2 dan H3 dalam penelitian ini merupakan jawaban yang valid dan benar.

Kata kunci: Dakwah @Taqwart, Media Dakwah, Elemen Desain Grafis, Akhlak


Keywords


Dakwah @Taqwart, Media Dakwah, Elemen Desain Grafis, Akhlak

Full Text:

PDF

References


Sumber dari Buku:

Adi, L. D. W, dkk, (2016), Pengantar Desain Grafis, KEMDIKBUD : Direktorat pembinaan kursus dan pelatihan, Ditjen PAUD dan Dikmas

Awar, Deddy W.L, Pengantar Desain Grafis, Semarang: Universitas Dian Nuswantoro

Fitria Aulia, Et.al, (2020), “Terpenjara Komodifikasi Mediaâ€, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Ilyas, Yunahar, (2006), Kuliah Akhlak, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Tim Penyusun Buku Panduan PAI,(2015), AKHLAK: Buku Panduan Pendidikan Agama Islam (PAI) IV, Bandung: LSIPK Unisba

Sumber dari Jurnal/Skripsi/Tesis/Disertasi:

Amar, Miftahurrahmat “Penerapan Prinsip Desain Dalam Elemen Grafis Pada Ilustrasi Gambar Berita Utama Surat Kabar Tribun Jambiâ€, Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, 2013, hlm. 8

Rangga, Aditya, Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Komunitas Fotografi Pekanbaru, hlm. 3, dalam https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/5880, diunduh pada 29 Maret 2021.

Hadi Susilo Suryo, Bambang Saiful Ma'arif, Parihat Kamil. (2021). Pengaruh Desain Komunikasi Visual Akun Instagram Bantu Dakwah terhadap Perilaku Beragama Pengikut, Jurnal Riset Kominukasi Penyiaran Islam, vol 1, 17-21.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pkpi.v0i0.29966

Flag Counter