Strategi Dakwah Pemuda Persis Cabang Cimenyan dalam Meningkatkan Akidah Pemuda di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung
Abstract
Abstract. This research is about how a strategy can be a formulation to make dakwah more accessible to the youth. This research is focused on “Da'wah Strategy of Pemuda Persis Cimenyan to Increase Aqidah of the youth in Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.â€. The purpose of this research is to, first, knowing the da'wah strategy of the Pemuda Persis Cimenyan in increasing the aqidah of the youth. second, knowing the da'wah program of the Pemuda Persis Cimenyan to improve the aqidah of the youth, and third, to know about the activities of Pemuda Persis Cimenyan to increase the aqidah of the youth. This research used qualitative methods with field research. The sampling technique in this study used a purposive sampling technique with the subject is Pemuda Persis Cabang Cimenyan in the Da'wah Strategy to Increase Youth Aqidah in Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. The results of this study is, First, Da'wah strategy of the Pemuda Persis Cabang Cimenyan is Strengthening the religious understanding of members Pemuda Persis Cimenyan, Embracing youths in the youth mosque association, and carrying out a study on the dangers of deviating aqidah. second, the da'wah program Pemuda Persis Cimenyan consists of, study, discussions and dialogues between institutions in Cimenyan, social and economic, Halaqah or training in da'wah and studies. Third, activities of Pemuda Persis da'wah consist of, youth recitation which is held every Sunday, discussions and dialogues between youth organizations and MUI, production of dishwashing soap, Halaqah about strengthening aqidah through ukhuwah networks.
Keywords: Da’wah, Strategy, Aqidah, Youth
Abstrak. Penelitian ini tentang bagaimana sebuah strategi bisa menjadi sebuah formulasi untuk membuat dakwah bisa masuk di kalangan pemuda. Penelitian ini difokuskan kepada Strategi Dakwah Pemuda Persis Cabang Cimenyan Dalam Meningkatkan Akidah Pemuda Di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini adalah: pertama mengetahui strategi dakwah Pemuda Persis Cabang Cimenyan dalam meningkatkan akidah pemuda, kedua mengetahui program dakwah yang dilakukan Pemuda Persis Cabang Cimenyan dalam meningkatkan akidah para pemuda, dan ketiga mengetahui aktivitas dakwah yang dilakukan Pemuda Persis Cabang Cimenyan dalam meningkatkan akidah para pemuda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui penelitian lapangan. Menggunakan teknik purposive sampling dengan subjek yaitu Pimpinan Cabang Pemuda Persis Cimenyan dalam Meningkatkan Akidah Pemuda Di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa Pertama Strategi dakwah Pemuda Persis Cabang Cimenyan adalah, Penguatan pemahaman keagamaan anggota pemuda persis cimenyan, Merangkul para pemuda dalam wadah remaja masjid, Mengadakan pengajian umum tentang bahayanya penyimpangan akidah. Kedua Program dakwah pemuda persis terdiri dari, Ceramah atau pengajian, Diskusi dan dialog antar lembaga di Cimenyan, Sosial dan ekonomi, Halaqah atau pelatihan dakwah dan kajian. Ketiga Aktivitas dakwah Pemuda Persis terdiri dari, Pengajian pemuda yang diselenggarakan setiap hari ahad, Diskusi dan dialog antar lembaga kepemudaan dan MUI, pembuatan produk alat cuci piring, Halaqah tentang penguatan akidah lewat jalinan ukhuwah.
Kata Kunci: Strategi, Dakwah, Akidah, Pemuda
Â
ÂKeywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Taufik Nurdin, 2019, Peta Dakwah Pemuda Persatuan Islam Kabupaten Bandung. Bandung: PD Pemuda Persis Kabupaten Bandung, hlm. 204.
Alex Sobur, 2001. “Dakwah Alternatif di Era Global: Suatu Pendekatan Perubahan Sosial.†https://ejournal.unisba.ac.id/, Vol. XXV No 02 Hlm. 419.
Bambang S. Maarif, 2010, Komunikasi Dakwah: Paradigma Untuk Aksi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Harun Al-Rasyid et. Al, 1989. Pedcman Dakwah Bil-Hal, Jakarta: Depag RI, hlm. 10
Hassan Al Banna. 1983. Aqidah Islam. (H. Baidlowi, Penerj.) Bandung: Al Maarif.
Moh Ali Aziz 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.
Muhammad Munir dan Wahyu Ilaihi. 2016, Manajemen Dakwah, Jakarta: Kencana, Cet. Ke-1, Jilid 1.
Republik Indonesia, Undang-Undang tentang Kepemudaan, UU Nomor 40 Tahun 2009, LN RI No.148, TLN RI No.5067, Pasal 1 butir 1.
Republik Indonesia, Undang-Undang tentang Kepemudaan, UU Nomor 40 Tahun 2009, LN RI No.148, TLN RI No.5067, Pasal 1 butir 2.
Sayyid Muhammad Nuh, Strategi Dakwah dan Pendidikan Umat, 2004, Yogyakarta: Himam Prisma Media.
Welhendri Azwar dan Muliono, 2020. Sosiologi Dakwah. Jakarta: Prenada Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pkpi.v7i1.25795
    Â