Efektivitas Dakwah Soultiva Manajemen dalam Penyampaian Nilai-nilai Islam terhadap Remaja di Kecamatan Bandung Kulon
Abstract
Abstract. Soultiva Management can organize an event that is managed professionally, systematically, efficiently and effectively whose activities range from concept (planning) to implementation to supervision. In event management, everyone must work hard with the same vision to produce events that meet expectations. It is very much needed cohesiveness to everyone involved in the team. In other words, the Event organizer means that not only one person feels that he is the greatest at performing a task, but all depend on each other. The aim is to dig deeper into how the Muslim community should utilize and respond to this progress. To live in prosperity and prosperity physically and spiritually, Muslim communities must place this phenomenon as their only choice. Who is the master of technology, he is prosperous, prosperous, and powerful. "Mastering" here in the broadest sense, including the role of producer (producer), creator, in addition to the user. The results of research on the effectiveness of Soultiva Management propaganda in the delivery of Islamic values to adolescents in the Bandung Kulon sub-district, namely preaching activities can be wide open because of the many teenagers who really need lessons, especially religion. With the understanding of Soultiva Management's missionary activities, people, especially adolescents, are able to rise from the downturns of the present era that are felt to have too many negative things. The effectiveness of the first mission is to teach positive things, especially Islamic values through religious motivation. Secondly, nasyid training routinely makes teenagers increasingly develop with their talents. Third, it makes members more advanced by entering the music industry which still exists in the general public.
Keywords. the effectiveness of da’wah, soultiva manajement, conveying Islamic values
Abstrak. Soultiva Management dapat mengorganisir sebuah event yang dikelola secara professional, sistematis, efisien dan efektif yang kegiatannya meliputi dari konsep (perencanaan) sampai dengan pelaksanaan hingga pengawasan. Dalam event management, semua orang harus bekerja keras dengan visi yang sama untuk menghasilkan event yang sesuai dengan harapan. Sangatlah diperlukan kekompakan pada setiap orang yang terlibat dalam tim. Dengan kata lain, Event organizer berati tidak hanya satu orang yang merasa dirinya paling hebat dalam menjalankan tugas tapi semuanya saling bergantung satu sama lain. Tujuannya adalah untuk menggali lebih dalam bagaimana seharusnya masyarakat muslim memanfaatkan dan menyikapi kemajuan ini. Untuk hidup sejahtera dan makmur lahir batin, masyarakat muslim harus menempatkan fenomena tersebut sebagai pilihan satu-satunya. Siapa menguasai teknologi, dialah yang makmur, sejahtera, dan berkuasa. “Menguasai†di sini dalam arti luas, termasuk peranan penghasil (produsen), pencipta, di samping pemakai. Hasil dari penelitian tentang efektivitas dakwah Soultiva Manajemen dalam penyampaian nilai-nilai islam terhadap remaja di kecamatan Bandung Kulon yaitu kegiatan dakwah bisa terbuka lebar karena banyaknya remaja yang sangat membutuhkan pelajaran terutama keagamaan. Dengan adanya pemahaman kegiatan dakwah Soultiva Manajemen membuat masyarakat terutama remaja mampu bangkit dari keterpurukan zaman masa kini yang dirasa terlalu banyak hal negatif. Efektivitas dakwah yang pertama adalah mengajarkan hal positif terutama nilai-nilai islam lewat motivasi religi. Kedua, pelatihan nasyid secara rutin membuat remaja semakin berkembang dengan bakat yang dimiliki. Ketiga, membuat anggota menjadi lebih maju dengan masuk ke industri musik yang sampai saat ini masih eksis di masyarakat umum.
Kata Kunci. Efektivitas dakwah, soultiva manajemen, penyampaian nilai-nilai islam
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Media Akademika Volume 25, No. 3, Juli 2010 Ardianto Elvinaro dan Lukiati
Komala, Komunikasi Massa Suatu Pengantar, (Bandung: Rosdakarya, 2004), hlm. 3.
Dennis McQuail, Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar (Erlangga, 1987), hlm. 52.
Husein Umar dkk, Dakwah: Mencermati Peluang dan Problematikanya, ( Jakarta:
Mohammad Natsir Press, 2007), hlm. 176. Dian Mursyidah,
Onong Uchyana Effendi, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, (Bandung: Rosdakarya, 2001), hlm. 390.
Thoha Yahya Umar, Islam dan Dakwah, ( Jakarta: Al-Mawardi Prima, 2004), hlm. 133.
Dian Mursyidah, “Membangun Komunikasi Dakwah Melalui Media Massa†231
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23252
    Â