Dampak Program Muhadharah dalam Peningkatan Kemampuan Tablig Santri di Pesantren Al Falah Dago Kota Bandung

Nandy Anugrah

Abstract


Abstract. This study focuses on the Muhadharah Student Al Falah Dago Islamic Boarding School program with an assessment system conducted by a jury taken from the elected teacher. The goal is that the participants of the Muhadharah or consisting of the students prepare their performances at the Muhadharah event. Muhadharah is held once a month on the second week. However, the results from Muhadharah are far from good value. So that research is needed. The purpose of this study was to determine the form of the Muhadharah program conducted by Student Al Falah Dago, to know the purpose of the Muhadharah program conducted by Student Al Falah Dago, to find out the impact of the Muhadharah program of the Student Al Falah Dago program on the ability of the tabli. This type of research is field research with a descriptive phenomenological qualitative approach to analysis. Data collection is done by using the method of observation, interviews, and documentation. The results of his research show that the form of the Muhadharah program is conducted once a month with a judging system by the jury. The goal of Muhadharah is to practice the students' speaking ability in order to be able to tablig in the community.

Keywords: muhadharah, dakwah, students ability

Abstrak. Penelitian ini fokus pada progam Muhadharah santri Pondok Pesantren Al Falah Dago dengan dilakukan sistem penilaian oleh dewan juri yang diambil dari Asatiz  terpilih. Tujuannya agar para peserta muhadharah atau yang terdiri dari para santri mempersiapkan penampilannya di acara muhadharah. Muhadharah dilaksanakan satu bulan sekali pada minggu kedua. Namun, hasil dari Muhadharah tersebut jauh dari nilai baik. Sehingga perlu diadakannya penelitian. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bentuk program Muhadharah yang dilakukan oleh Santri Al Falah Dago, mengetahui tujuan program Muhadharah  yang dilakukan Santri Al Falah Dago, mengetahui dampak program Muhadharah dakwah Santri Al Falah Dago terhadap kemampuan tablig. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif fenomenologis yang bersifat deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bentuk program muhadharah dilakukan satu bulan sekali dengan system penilaian oleh juri, tujuan dari muhadharah adalah melatih kemampuan berbicara santri agar mampu tablig di masyarakat, dampak dari muhadharah ini adalah positif tapi tidak memuaskan.

Kata Kunci: Muhadharah, dakwah, kemampuan santri

Keywords


Muhadharah, dakwah, kemampuan santri

Full Text:

PDF

References


Ambari, H. M. (1998). Ensiklopedia Islam. Jakarta: PT. Iktiar Baru.

Amin, M. (2011). Teori-Teori Ilmu Dakwah. Makassar: Alauddin Press.

aAr-Razi, A.-I. M. (1415). Tafsir Fakhur Ar-Razi. Beirut Libanon: Dar Al-Fikr.

Azis, M. A. (2004). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.

Aziz, M. A. (2012). Edisi Revisi Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada Media Group.

Bungsin, B. (2012). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Dahlan, P. A. (1994). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkole.

Daulay, H. P. (2001). Historisitas dan Eksistensi Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Ekslikopedi Islam 4. (n.d.). Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-Aspek dalam Coaching. Jakarta: CV Tambak Kusuma.

Headari, H. A. (2004). Landasan Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: RIneka Cipta.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.

Mahfuz, A. (n.d.). Hidayat Al-Mursyidin Ila Thuruq Al-Wa'ziwa Al-Khitabath. Beirut: Dar Al-Ma'arif.

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.

MK, M. (2009). Manajemen Majelis Taklim. Jakarta: Pustaka Intermasa.

Prabowo, M. S. (2009). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Raharjo, D. (1995). Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES.

Rahim, H. (2000). Direktori Pondok Pesantren. Jakarta: Proyek Penigkatan Pondok Pesantren Tahun Anggaran 2000 Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI.

RI, D. (1991). , Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiawan, E. (2015). Strategi Muhadharah Sebagai Metode Pelatihan Dakwah Bagi Kader Dai di Pesantren Daarul Fikri Malang. 307-309.

Shihab, Q. (1992). Membumikan Al-Qur'an. Bandung: Mizan.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22614

Flag Counter        Â