Dampak Program Dakwah Akun Instagram @Jihadart_ Terhadap Pemahaman Dasar-Dasar Islam

Luthfi Qurotul Aini, Nia Kurniati Syam, Ida Afidah

Abstract


Abstract. Social media is the primary need of the community, it can be used as a medium of propaganda. Social media technology, especially Instagram, is processing photos and videos and obtaining more practical information. Taking and distributing photos and videos with the features presented is not surprising if Instagram is the most popular social media. Instagram as a propaganda media so that da'wah can be spread widely, but the da'wah program through the media sometimes requires a clear explanation not only with images and captions so that the missionary message reaches its intended purpose. The objectives of this study are: 1) how to use Instagram social media as a da'wah program @ jihadart_ 2) how followers understand preaching messages on @jihadart_ Instagram account 3) how the impact of the @jihadart_ missionary media on understanding the basics of Islam. This research is a descriptive analysis qualitative research, with a method of collecting sample data, documentation, and questionnaires using Google Form. The results of this study Instagram account @jihadart_ posted a message that was uploaded as many as 192 photos consisting of material about Syari'ah, Akidah, and Akhlak and had 1777 followers. And almost half of followers open their Instagram account @jihadart_ almost 5-6 hours a day, so the use of Instagram media is very popular. Most followers of the @jihadart_ Instagram account who understand the material of preaching about aqeedah, followed by material material about Shari'ah and the least understanding of material about morals. The impact of the propaganda media on understanding the basics of Islam followers reaches half positive impact, this shows that the impact media propaganda Instagram succeeded.

 

Keywords: Da'wah, Instagram, Islamic Basics

 

Abstrak. Media sosial adalah kebutuhan primer masyarakat, hal tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media dakwah. Teknologi media sosial khususnya Instagram adalah pengolahan foto dan video serta perolehan informasi yang lebih praktis. Mengambil dan menyebarluaskan foto dan video dengan fitur yang disajikan tidak heran jika Instagram menjadi media sosal yang paling populer.  Instagram sebagai media dakwah sehingga dakwah dapat tersebar luas, namun program dakwah melalui media tersebut terkadang membutuhkan penjelasan yang jelas tidak hanya dengan gambar dan caption  agar pesan dakwah sampai sesuai dengan tujuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) bagaimana pemanfaatan media sosial instagram sebagai program dakwah @jihadart_  2) bagaimana followers memahami pesan-pesan dakwah pada akun instagram @jihadart_ 3)bagaimana dampak media dakwah @jihadart_ terhadap pemahaman dasar-dasar Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif analisis, dengan metode pengumpulan data sampel, dokumentasi, dan kuisoner menggunakan Google Form. Hasil penelitian ini Akun instagram @jihadart_ memposting pesan dakwah yang diunggah sebanyak 192 foto terdiri dari materi tentang Syari’ah, Akidah, dan Akhlak dan memiliki 1777 followers. Dan hampir separuh followers  membuka akun Instagram @jihadart_  hampir 5-6 jam sekali dalam sehari, maka pemanfaatan media instagram ini sangat diminati. Kebanyakan followers akun instagram @jihadart_ yang memahami materi dakwah tentang akidah, disusul oleh materi materi tentang Syari’ah dan paling sedikit pemahaman materi tentang akhlak.Dampak media dakwah terhadap pemahaman dasar-dasar Islam para followers mencapai separuhnya berdampak positif, hal ini menunjukan bahwa dampak media dakwah Instagram berhasil.

 

Kata Kunci: Dakwah, Instagram, Dasar-Dasar Islam


Keywords


Dakwah, Instagram, Dasar-dasar Islam

Full Text:

PDF

References


Andreas G. Ch. Tampi, Evelin J.R Kawung dan Juliana W. Tumiwa. Dampak Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Terhadap Masyarakat di Keluarga Tingkulu. E-Journal “Aela Diurna†Volume V No 1 Tahun 2016

Aliyudin, Enjang As. 2009. Dasar-dasar Ilmu Dakwah. Bandung: Tim Wijaya Padjajaran

Hasanudin Ali dan Lilik Purwandi. 2017. Milenial Nusantara. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Romli, Komahsarial. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: PT Grasindo

Ma’arif, Bambang S. 2010. Psikologi Komunikasi Dakwah. Bandung: Simbiosa Rektama Media

Ma’arif, Bambang S. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung: Simbiosa Rektama Media

Suprawoto. 2018. Government Public Relation Perkembangan dan Praktik di Indonesia. Jakarta: Kencana

Santoso Mulyono, Widjajanti. 2014. Ilmu Sosial: Perkembangan dan Tantangan Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Salbino, Sherief. 2014. Buku Pintar Gadget Android Untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14518

Flag Counter        Â