PENGARUH LOCUS OF CONTROL, SELF EFFICACY, DAN KOMITMEN PROFESSIONAL TERHADAP PERILAKU AUDITOR DALAM SITUASI KONFLIK AUDIT (SURVEY PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI KOTA BANDUNG, JAWA BARAT)

Setriadi Soepriadi, Hendra Gunawan, Harlianto Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh locus of control, self efficacy dan komitmen profesional terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit.

Penelitian ini menggunakan metode convenience sampling untuk memilih sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Bandung. Data yang digunakan dalam penelitian ini data primer yaitu kuesioner yang disampaikan secara langsung kepada auditor oleh peneliti sebanyak 50 kuesioner dan yang dapat diolah hanya 44 kuesioner. Alat uji yang digunakan untuk menganalisis data adalah pengujian validitas, pengujian reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier dan uji korelasi dengan bantuan program SPSS 17.0 (Statistical Product and Service Solutions).

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dan signifikan antara Locus of Control, Self Efficacy, dan Komitmen Profesional terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit. Secara parsial terhadap locus of control, sifat machiavellian, dan komitmen profesi, mempunyai pengaruh yang signifikan pada perilaku auditor dalam situasi konflik yaitu sebesar 0.026, 0.409, 0.319

 

Kata kunci       : Locus of Control, Self Efficacy, Komitmen Profesional,

Perilaku Auditor




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.839

Flag Counter    Â