Pengaruh Due Professional Care, Time Budget Pressure dan Akuntabilitas terhadap Kualitas Audit yang Dimoderasi oleh Independensi (Survei pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

Tesalonika Tri Novela, Edi Sukarmanto, Mey Maemunah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh due Professional care, time budget pressure dan akuntabilitas terhadap kualitas audit yang dimoderasi oleh independensi. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada KAP di Kota Bandung.Metode penentuan yang digunakan adalah metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu kuesioner sebanyak 50 kuesioner dan yang dapat diolah hanya 35 kuesioner. Alat uji yang digunakan untuk menganalisis data adalah pengujian validitas, pengujian reliablitas dan untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa due professional care, time budget pressure, akuntabilitas dan independensi secara parsial memiliki pengaruh positif signifikan. Due professional care dimoderasi dengan independensi (X1M), time budget pressure dimoderasi dengan independensi (X2M) dan Akuntabilitas dimoderasi dengan independensi (X3M) secara simultan memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap kualitas audit .Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengganti atau menambahkan variabel lain seperti Kompetensi, etika auditor, pengalaman auditor, profesionalisme auditor, tingkat pendidikan, gender, fee audit dan besarnya kantor akuntan publik yang mungkin dapat mempengaruhi kualitas  audit. Penelitian ini hanya dilakukan pada KAP di Kota Bandung, akan menjadi lebih baik apabila peneliti selanjutnya melakukan penelitian di berbagai daerah di Indonesia atau menggunakan responden yang berbeda, misalkan dengan mengambil populasi auditor yang bekerja di KAP yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) agar hasil penelitian ini dapat digunakan secara luas sehingga hasil yang didapatkan akan bervariasi.


Keywords


Due Professional Care, Time Budget Pressure, Akuntabilitas, Independensi, Kualitas Audit

References


Agoes, Sukrisno. 2004.Auditing, edisi ketiga, Jakarta: Fakultas Ekonomi: Indonesia.

Arens, Alvin A., Elder, R.J. & Beasley. M.S. 2012. Auditing and Assurance Integrated Approach. 14th Global Edition. Jakarta : Erlangga.

Arens, Alvin A., et al. 2014.Auditing and Assurance Service An Integrated Approach, An Indonesian Adaptation,

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

A.A Putu Ratih Cahaya Nigsih, P Dyan Yaniartha S. Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Time Budget Pressure Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Universitas Udayana Bali.

Abdul Muhyi. Pengaruh Time Budget Pressure, Risiko Kesalahan dan Kompleksitas Terhadap Kualitas Audit. Skripsi Universitas Negri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Elisha Muliani Singgih, Icuk rangga Bawono. Pengaruh Independensi, Pengalaman, Due Professional Care dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Universitas Jeneral Soedirman Poekerto.

Nike Rimawati. Faktor-faktor yang mempengaruhi independensi. Skripsi Universitas Diponegoro.

Popi Kusuma Wardani. Pengaruh akuntabilitas, pengalaman, dan Due professional Care auditor terhadap kualitas audit. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surabaya.

Reni Febriani. Pengaruh Independensi, Due professional Care, dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit. Skripsi Universitas Negri Padang.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

William Jefferson Wiratama, Ketut Budiarta. Pengaruh Independensi, pengalaman Kerja, Due professional Care dan Akuntabilitas terhadap kualitas audit. Jurnal Universitas Udayana Bali.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8265

Flag Counter    Â