PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN (PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2013)

Lina Mustika, Nurleli Nurleli, Rini Lestari

Abstract


presence of massive industrialization became the largest contributor to environmental damage on this earth. The purpose of this research is: to test how much influence the leverage, liquidity, and profitability against environmental performance.

The method used is a method of verification, data analysis techniques using multiple linear regression analysis with the help of SPSS 20.0 software. In this study, samples were taken from 12 companies for two consecutive years in the period 2012-2013. Data collection techniques in this study is documentation, documentation of data types used in this study is the annual financial statements and journals. Sources of data are quantitative.

The results of this study are: leverage positive and significant effect on environmental performance. This condition occurs because the majority of companies have a greater debt portion of the capital where companies with high leverage tend to have more and better environmental performance. Liquidity significant negative effect on the performance of the environment. This condition occurs because the liquidity in this research is already high, so there is still a lot of idle funds Profitability significant negative effect on the performance of the environment. This means that although profitability declined but the environmental performance can still be improved.


Keywords: Leverage, Liquidity, Profitability, Environmental Performance

Abstrak. Kerusakan lingkungan yang terjadi tidak hanya disebabkan oleh adanya pengerusakan hutan dan penambangan liar saja, tapi adanya industrialisasi secara besar-besaran menjadi penyumbang terbesar terjadinya kerusakan lingkungan di bumi ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah : untuk menguji seberapa besar pengaruh leverage, likuiditas, dan profitabilitas terhadap kinerja lingkungan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode verifikatif, teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan dibantu software SPSS 20.0. Pada penelitian ini, sampel yang diambil dari 12 perusahaan selama 2 tahun berturut-turut pada periode 2012-2013. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, jenis data dokumentasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan dan jurnal-jurnal. Sumber data adalah yang bersifat kuantitatif.

Hasil dari penelitian ini adalah : leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja lingkungan. Kondisi ini terjadi karena mayoritas perusahaan memiliki porsi hutang lebih besar dari modal dimana perusahaan dengan leverage yang tinggi cenderung memiliki kinerja lingkungan makin lebih baik. Likuditas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja lingkungan. Kondisi ini terjadi karena likuiditas dalam penelitian ini adalah sudah tinggi, sehingga masih banyak dana yang menganggur Profitabilitas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja lingkungan. Artinya bahwa meskipun profitabilitas menurun namun kinerja lingkungan tetap bisa diperbaiki.

 

Kata Kunci : Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, KinerjaLingkungan


Keywords


Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, KinerjaLingkungan

References


Dyah, Prastiwi Pujiati dan Erman Widanar. 2009. Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan: Keputusan Keuangan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akutansi Ventura. Vol. 12. No. 1: 71-86.

Sulastini, Sri, 2007. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Social Disclosure Perusahaan Manufaktur Yang Telah Go Public, Skripsi. Fakultas Ekonomi, UNNES, Semarang.

Lanskoki. 2000. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Lingkungan: Studi Pada Perusahaan PROPER Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Verechia, Theodora Martina. 2009. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Gunadarma.

Robert C. Dan Steven J. Taylor, Bogdan, 1992, Introduction to Qualitative Research Methotds : A Phenomenological Approach in the Social Sciences, alih bahasa Arief Furchan, John Wiley dan Sons, Surabaya, Usaha Nasional

Belkaoui, A and Karpik, P.G. 1989. Determinants of the corporate decision to disclose social information, Accounting, Auditing and Accountability Journal, Vo. 2. No. 1, pp 36-51.

Gray, R., Javad, M., Power, David M., and Sinclair C. Donald, 2001. Social And Environmental Disclosure, And Corporate Characteristic: A Research Note And Extension, Journal of Business Finance and Accounting, Vol 28 No. 3, pp 327-356.

Edfan, Darlis, Zirman dan Nizar Zulmi. 2009. Pengaruh Ukuran Dewan Komisaris, Tingkat Leverage dan Tingkat Profitabilitas terhadap Kinerja Lingkungan.Jurnal Ekonomi, Vol 17, Nomor 3 Desember 2009.

Alfredo, Mahendra. 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesiaâ€. Jurnal Ekonomi. Denpasar: Universitas Udayana.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers : Jakarta.

Sutrisno. 2001. Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Yogyakarta : Ekonosia.

Harahap, Sofyan S. 1998. Analisis Kritis Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Hanafi, Abdul Halim. 2009. Analisis Laporan Keuangan. UPP STIM YKPN : Yogyakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sundjaja Ridwan S dan Inge Barlian. 2002. Manajemen Keuangan. Edisi Keempat. Jakarta: Prenhallindo

Wicaksono. 2012. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Lingkungan: Studi Pada Perusahaan PROPER Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Sawir Agnes. 2003. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.728

Flag Counter    Â