PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Sri Mulyawati, Rini Lestari, Nurleli Nurleli

Abstract


Abstrak. Bagi sebuah perusahaan, meningkatkan kinerja keuangan adalah suatu keharusan agar saham tersebut tetap diminati oleh investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruhROA, ROE, dan NPM terhadap nilai perusahaan. ROA, ROE, dan NPM merupakan indikator dari kinerja keuangan. ROA adalah ukuran keseluruhan keefektifan manajemen dalam menghasilkan laba dengan aktiva yang tersedia. ROE adalah ukuran hasil yang diperoleh pemilik atas investasi di perusahaan. NPM adalah ukuran keuntungan dengan membandingkan antara laba setelah bunga dan pajak dibandingkan dengan penjualan. Nilai perusahaan adalah persepsi investor terhadap perusahaan yang selalu dikaitkan dengan harga saham. Metode penelitian yang digunakan adalah metode verifikatif dengan teknik analisis regresi linier berganda dan analisis regresi linier sederhana. Sampel penelitian yang digunakan adalah 14 perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia yang listing selama periode 2010-2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Sumber data dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan dan Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan dilihat dari ROA dan ROE berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan kinerja keuangan dilihat dari NPM berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: ROA, ROE, NPM, dan nilai perusahaan

Keywords


ROA, ROE, NPM, dan nilai perusahaan

References


Darmadji, Tjiptono, dan Hendy M. Fakhruddin. 2001. Pasar Modal di Indonesia:Pendekatan Tanya Jawab. Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta..

Hanafi. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Harahap, Sofyan S. 1998. Analisis Kritis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Harmono. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Haruman, Tendi. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Keputusan Pendanaan. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mahendra, Alfredo Dj, Luh Gede Sri Artini, dan A.A. Gede Suarjaya. 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan. Vol. 6. No. 2 Agustus 2012. Universitas Udayana.

Nurlela, Rika dan Islahuddin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI. Universitas Syiah Kuala.

Pertiwi, Tri Kartika dan Ferry Madi Ika Pratama. 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan, Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverage.Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 14 No. 2, September 2012:118-127. UPN Veteran Jawa Timur.

Santoso, Singgih. 2002. Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitaif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundjaja, Ridwan S. dan Inge Barlian. 2003. Manajemen Keuangan. Bandung: Literata Lintas Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.726

Flag Counter    Â