PENGARUH LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP KECUKUPAN MODAL PADA BANK SYARIAH MANDIRI PERIODE 2008-2013

Moch Rizal Maolany, Nurhayati Nurhayati, Helliana Helliana

Abstract


Abstrak.Capital Adequacy Ratio (CAR) adalah kecukupan modal yang menunjukkan kemampuan bank dalam mempertahankan modal yang mencukupi dan kemampuan manajemen bank dalam mengidentifikasi, mengukur, mengawasi dan mengontrol risiko-risiko yang dapat berpengaruh terhadap besarnya modal bank yang didasarkan pada rasio modal terhadap Aktiva Tertimbang menurut Resiko (ATMR).

Penelitian ini dilatarbelakangi karena tingkat kecukupan modal yang diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) pada PT. Bank Syariah Mandiri selalu berada dibawah standar Bank Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran likuiditas yang diukur dengan Financing to Deposit Rasio (FDR), profitabilitas yang diukur dengan Return on Asset (ROA) dan kecukupan modal yang diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) PT Bank Syariah Mandiri. Serta untuk mengetahui pengaruh likuiditas dan profitablitas terhadap kecukupan modal pada PT. Bank Syariah Mandiri.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode verifikatif. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, dan untuk uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu laporan keuangan PT Bank Syariah Mandiri periode 2008-2013.

Berdasarkan hasil uji parsial dengan uji t menunjukkan bahwa likuiditas yang diukur dengan Financing to Deposit Rasio (FDR) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kecukupan modal yang diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR). Sedangkan, profitabilitas yang diukur dengan Return on Asset (ROA) berpengaruh secara signifikan, akan tetapi memiliki hubungan yang negatif terhadap kecukupan modal yang diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR). Sedangkan secara simultan pengaruh FDR dan ROA terhadap CAR sebesar 36,7%, sedangkan sisanya sebesar 63,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian.

 

Kata Kunci :Financing to Deposit Rasio (FDR), Return on Asset (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR)

Keywords


Financing to Deposit Rasio (FDR), Return on Asset (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR)

References


Dendawijaya, Lukman. (2009). Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Diana dan Ascarya. (2005). Bank Syariah: Gambaran Umum. Jakarta: PPSK.

Gujarati.(2003). Dasar-Dasar Ekonometrika.Jakarta: Erlangga.

Empat, Jakarta, 2004.

Berlina. (2012). Jurnal Manejemen Bisnis: Analisis Perbandingan Tingkat Kesehatan Bank Konvensional Dan Bank Syariah Di Indonesia Tahun 2009-2011. Institut Manajemen Telkom.

Damodar N. Gujarati, 2003 “Basic Econometrics†fourth edition McGraw-Hill, New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.721

Flag Counter    Â