PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN

Bobby Aditia Rahman, Yuni Rosdiana, Epi Fitriah

Abstract


Abstract.CurrentlycompetitionUmrahtravel servicesincreasingly stringent, so that the necessarystrategyin settingthe priceandquality of service. Thereforethe role ofpricingandquality of service isrequiredtocreatecustomersatisfaction. The method usedis descriptive methodandapproach verificationsurvey thatresearch resultsobtainedthroughthe questionnaireis then processedandanalyzed usingmultiple regressionanalysismodels. The populationinthisstudyis theUmrah pilgrimswhouse the services ofPT. DagoInternationalTourism, the number ofrespondentswere 71worshipers. The results showedthe influence ofpriceonCustomerSatisfactionof0.397whichmeansthat theincrease inthe fairness ofthe priceofoneunitwillincreasecustomersatisfactionby0.397units. Thenthe influence ofService QualityonCustomerSatisfactionof0.627whichmeansthat an increaseof oneunit ofservice qualitywillincreasecustomersatisfactionby0.627units.Furthermore,alsothe influence ofpriceandquality ofservicestogetherforCustomer Satisfactionof0.679whichmeanstogetherthe priceandquality of servicesby67.9% impactoncustomersatisfaction. Thusthe higher the qualityof services providedand the morecompetitiveprice setthenincreasingcustomersatisfaction.


Keywords:Price, Quality of ServiceandCustomerSatisfaction.

 

Abstrak.Saat ini persaingan usaha jasa travel ibadah umrah semakin ketat,  sehingga diperlukan strategi dalam menetapkan harga dan kualitas pelayanan. Oleh karena itu peranan penetapan harga dan kualitas pelayanan sangat diperlukan untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan survey yaitu hasil penelitian yang didapat melalui kuesioner kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan model Analisis Regresi Berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah jamaah umrah yang memakai jasa PT. Dago Wisata Internasional, dengan jumlah responden sebanyak 71 jamaah. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh harga terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 0,397 yang maksudnya bahwa peningkatan kewajaran harga sebesar satu satuan akan meningkatkan kepuasaan pelanggan sebesar 0,397 satuan. Kemudian adanya pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 0,627 yang maksudnya bahwa peningkatan kualitas pelayanan sebesar satu satuan akan meningkatkan kepuasaan pelanggan sebesar 0,627 satuan. Selanjutnya juga adanya pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 0,679 yang maksudnya secara bersama-sama harga dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh sebesar 67,9 % terhadap kepuasaan pelanggan. Dengan demikian semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan dan semakin kompetitif harga yang ditetapkan maka semakin meningkat kepuasan pelanggan.

 

Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan


Keywords


Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

References


Ari Prasetio. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen, Vol. 1, No. 4.

Kaplan, Robert S. dan David P. Norton.2000. Balanced Scorecard : Strategi

Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

Moh.Nazir. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Suliyanto, SE, M.Si. 2006. Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Istianto, John Hendra, dan Maria Josephine Tyra. 2011.Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Ketty Resto.Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi, volume 1, nomor 3, STIE Musi Palembang.

Lupiyoadi, R. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa untuk Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Salemba Emban Patrio.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.719

Flag Counter    Â