PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN STUDI KASUS PADA SHOWROOM SANJAYA MOTOR DAN WG MOTOR

Harry Darmawan

Abstract


Abstract. In the era of globalization now , all things went and to thrive , this will contribute to the competition To deal with the condition of intense competition , companies must be able to apply the strategy of marketing .One of the marketing is the promotion .In doing this activity needed promotional costs .With the promotional activities done to increase the volume of sales and able to compete in this globalization era .Because of it , this research aims to know 1 ) how the development of promotional costs ,( 2)the how the development of the sales volume , 3.the whether there is influence between the promotion on the sales volume.

A method in this research using methods with techniques of correlational data analysis that is linear regression analysis a simple be useful to know whether there is the influence of between the independent variable namely promotional costs ( x ) against the dependent variable for which is the sales volume ( y ) with the help of the program spss 20.0.Sample in this research was sanjaya motorcycle and wg a motor that is motor former showrooms in the area of jl mother inggit garnasih ( ciateul ) bandung.This study using methods nonprobability of sampling to choose samples to cover.Data collection techniques in this research was documentation, types of data on the documentation used in this research is the report promotional costs and volume annual sales.The data used in this research primary namely the data collected directly from the object researched.

Based on the results of research and discussion known the development of promotional costs every year have been improving , the development of the sales volume in general shows an increase in , but in 2013 the sales volume decreased , research based on the results showed that there is influence between the cost of promotion against the sales volume sanjaya showrooms a motorcycle and wg motor . `

Keyword : Cost of Promotion and Sales Volume

Abstrak. Pada era globalisasi sekarang, segala sesuatu berjalan dan berkembang dengan pesat, hal ini akan mendorong adanya persaingan. Untuk menghadapi kondisi persaingan yang ketat, perusahaan  harus  mampu  menerapkan strategi pemasaran. Salah satu kegiatan pemasaran adalah kegiatan promosi. Dalam melakukan kegiatan ini dibutuhkan biaya promosi. Dengan adanya kegiatan promosi yang dilakukan dapat meningkatkan volume penjualan dan mampu bersaing pada era globalisasi ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana perkembangan biaya promosi, (2) Bagaimana perkembangan volume penjualan, (3) Apakah terdapat pengaruh antara biaya promosi terhadap volume penjualan.

Metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan teknik analisis data yaitu analisis regresi linier sederhana yang berguna untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel independen yaitu biaya promosi (X) terhadap variabel dependen yaitu volume penjualan (Y) dengan bantuan program SPSS 20.0. Sampel dalam penelitian ini adalah Sanjaya Motor dan WG motor yang merupakan Showroom motor  bekas di kawasan jalan Ibu Inggit Garnasih (Ciateul) Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Nonprobability sampling untuk memilih sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, jenis data dokumentasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan biaya promosi dan volume penjualan tahunan. Data yang digunakan dalam penelitian ini primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari objek yang diteliti.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui perkembangan biaya promosi setiap tahun mengalami peningkatan, perkembangan volume penjualan secara umum menunjukan peningkatan, tetapi tahun 2013 volume penjualan mengalami penurunan, berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara biaya promosi terhadap volume penjualan Showroom Sanjaya Motor dan WG Motor.

 

Kata Kunci : Biaya promosi , volume penjualan


Keywords


Biaya promosi , volume penjualan

References


Ardiansyah, Rizky. 2013. Pengaruh Harga, Produk, dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Honda. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 1 nomor 1.

Fakhrurazi. 2010. Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada PT.SMAP Indonesia, Jurnal economicus,vol3 no2.

Kotler & Keller. 2012. Marketing Management Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Mulyadi 2009, Akuntansi Biaya, Edisi Kelima, Cetakan Kesembilan. Penerbit UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Nugraha, Aris Pratama.2007, Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan dan Dampaknya Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada PD.Niaga Redja Tasikmalaya).

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Rismiati & Suranto. 2001 Pemasaran Barang dan Jasa, Edisi II, Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Simamora, Hendry. 2002. Akuntansi Manajemen, Edisi kedua, Penerbit UPP AMP YKPN, Jakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta.

Swastha, Basu. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Swastha, Basu. 2009. Manajemen Penjualan, Edisi ketiga, BPFE, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Winardi, 1990. Tenaga Terampil Masih Terbatas. Penerbit Media Grafika Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.703

Flag Counter    Â