Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan Kompas100 (Studi Empiris Perusahaan Kompas100 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015)

Nurkhasifa Khaira Ummah, Yuni Rosdiana, Efi Fitriah

Abstract


Abstract. A Company will continue to compete and strive to improve the performance of the company, either in the internal or external companies. One way to implement CSR. Corporate Social Responsibility (CSR) is an action taken by the company as a sense of corporate responsibility to develop with respect to the social economy and the environment in which they operate. With the good image of the company would attract people and bring the confidence of stakeholders and investors. The information will be used by investors is the financial performance of these companies, one of which profitability ratios as return on assets to see the growth and return on investment. The purpose of this study was to determine how the application of the company's Corporate Social Responsibility KOMPAS100, to know how the company's financial performance KOMPAS100 and to know how to influence corporate social responbibility on the financial performance of companies KOMPAS100 ROA.The method used is the method of analysis and verification deskptif. Data collection techniques used were documentation. The population is 100 companies KOMPAS100 contained in BEI. Sampling using purposive sampling method, and acquired 17 companies that match the criteria that can be used. The hypothesis tested in this study with a simple linear regression model.The implementation of CSR in companies KOMPAS100 years 2014 to 2015 has fluctuated annually, and the company's financial performance in the years 2014-2015 KOMPAS100 increasing and decreasing every year. Corporate Social Responsibility effect on financial performance.

Abstrak. Suatu perusahaan akan terus berkompetisi dan berupaya untuk meningkatkan kinerja perusahaan, baik itu dalam internal ataupun eksternal perusahaan. Salah satu caranya dengan menerapkan CSR. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan untuk mengembangkan ekonomi dengan memperhatikan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Dengan adanya citra yang baik perusahaan akan menarik perhatian masyarakat dan mendatangkan kepercayaan para stakeholder dan para investor. Informasi yang akan digunakan oleh investor adalah kinerja keuangan perusahaan tersebut, salah satunya rasio profitabilitas return on assets untuk melihat pertumbuhan dan pengembalian investasi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan Kompas100, untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan pada perusahaan kompas100 dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh corporate social responbibility terhadap kinerja keuangan ROA perusahaan Kompas100. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskptif dan verifikatif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Populasi yang digunakan adalah 100 perusahaan Kompas100 yang terdapat di BEI. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh 17 perusahaan yang sesuai kriteria yang dapat digunakan. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan model regresi linear sederhana. Penerapan CSR di perusahaan Kompas100 tahun 2014-2015 mengalami fluktuasi setiap tahunnya, dan kinerja keuangan di perusahaan Kompas100 tahun 2014-2015 mengalami kenaikan dan penurunan setiap tahunnya. Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan.


Keywords


corporate social responsibility, financial performance, profitability, return on assets

References


Fahmi, Irham; Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi 2013. Bandung; Alfabeta

Henry Simamora. 2000, Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.

Prof. Dr. Djuhaedah Hasan, S.H M.H; Pengkajian Hukum tentang Tanggung Jawab Social Perusahaan 2009. Jakarta; Badan Pembinaan Hukum Nasional Departemen Hukum dan Ham RI

Untung, Budi Hendrik; Corporate Social Responsibility 2009. Jakarta; Sinar Grafika




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5092

Flag Counter    Â