Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kepuasan Konsumen

Annisa Ramadiana, Yuni Rosdiana, Epi Fitriah

Abstract


Abstract. Quality is one aspect that most expected by customers in all product services. The more quality products and services provided, the satisfaction felt by consumers is increasing. To produce the best products and services necessary efforts for continuous improvement in the ability of people, processes, and the environment. The best way to improve the ability of these components to implement Total Quality Management (TQM). The research was carried out in health institutions Klinik Utama Al Islam. The problem in this research is the extent to which the influence of TQM is applied in order to generate customer satisfaction. The purpose of this study was to determine the influence of Total Quality Management (TQM) to consumer satisfaction.The object of this research is the Total Quality Management, and customer satisfaction. The method used in this research is explanatory research. Sources of data used are the primary data source. The data collection techniques used is by using a questionnaire. And samples used in this study are simple random sampling, the sampling technique whereas the members of a population sample was randomly without regard to strata that exist in the population. Tools statistical tests used in this study is a simple linear regression analysis. Application of Total Quality Management at the Klinik Utama Al Islam included in the criteria fairly well. Consumer satisfaction at the Klinik Utama Al Islam included in the criteria fairly well. The results showed that TQM influence on customer satisfaction.

Abstrak. Kualitas adalah salah satu aspek yang paling diharapkan oleh kosumen pada semua layanan produk. Semakin berkualitas produk dan jasa yang diberikan, maka kepuasan yang dirasakan oleh konsumen semakin tinggi. Untuk menghasilkan produk dan jasa perusahaan terbaik diperlukan upaya perbaikan berkesinambungan terhadap kemampuan manusia, proses, dan lingkungan. Cara terbaik dalam memperbaiki kemampuan komponen-komponen tersebut dengan menerapkan Total Quality Management (TQM). Penelitian ini dilakukan di instansi kesehatan Klinik Utama Al Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh TQM yang diterapkan agar dapat menghasilkan kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Total Quality Manajemen (TQM) tehadap kepuasan konsumen. Objek  penelitian  dalam  penelitian  ini  adalah  Total  Quality  Management, dan kepuasan konsumen.  Metode  penelitian  yang  digunakan dalam  penelitian  ini  yaitu  explanatory research.  Sumber  data yang digunakan yaitu sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan  yaitu  dengan  menggunakan  kuisioner.  Dan  sample  yang  digunakan dalam  penelitian  ini  adalah  Simple Random Sampling,  yaitu  teknik  penentuan  sampel dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Alat uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Penerapan Total Quality Manegement pada Klinik Utama Al Islam  termasuk dalam kriteria cukup baik. Kepuasan konsumen pada Klinik Utama Al Islam termasuk dalam kriteria cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TQM memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen.


Keywords


Total Quality Managemnt (TQM), Kepuasan Konsumen

References


Bungin, Burhan. 2013. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : BP-Universitas Diponegoro.

Gujarati, D.N. dan D.C. Porter. 2009. Basic Econometrics, 5th edition. New York : McGraw Hill.

Hardjosoedarmo, Soewarso. 1999. Total Quality Management. Yogyakarta. ANDI

Indrawan, Rully. Yaniawati, Poppy. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung. PT. Refika Aditama.

Juliandi, Azuar., Irfan., Manurung, Saprinal. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU PRESS

Nasution, M.N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu Edisi Kedua. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurhayati, Nunung. Win Konadi, Helliana. 2013. Modul Praktikum Statistik Penelitian dengan SPSS. Unisba.

Santoso, Singgih. 2002. Statistik Parametrik, Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie. 2013. Research Method for Business : A Skill Building Approach, 5th edition. Chichester : Wiley.

Siregar, Sofyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung :Alfabeta.

Supangat, Andi. 2008. Statistika Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi dan Parametrik. Jakarta: Kencana Prenada.

Swarjana, I Ketut. 2015. Metode Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi). Yogyakarta. ANDI.

Tjiptono, Fandy. Diana, Anastasia. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta. ANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5088

Flag Counter    Â