Praktik Penerapan Total Quality Management dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Kantor Cabang Utama Bank Jabar Banten Kota Bandung)

Dewi Tri Indriani, Epi Fitriah, Nurleli Nurleli

Abstract


Abstract. Employee performance is an important aspect in a company because it will help the company achieve its goals. In achieving this, it needs supporting factors that are considered to affect the performance of the employee one of them by implementing Total Quality Management. Total Quality Management is a method that is believed to make the company continued to make improvements on an ongoing basis in order to maximize the competitiveness of enterprises. In the face of MEA, all the company is expected to make improvements for each product.Likewise with Bank Jabar Banten. This research was conducted at the Bank Jabar Banten is based on problems occurred that computer networks are often problematic that the transmitted data is slow, broken and did not even get to the destination, the working area of operations of the Bank Jabar Banten is limited because not cover all regions in Indonesia, in addition to information technology, systems, and procedures and operational guidelines are still being refined. Bank Jabar Banten also do not have the facility of m-banking and e-banking. The purpose of this study was to determine the practical application of TQM in the main branches of Bank Jabar Banten (BJB) Bandung, to determine the performance level of employees in the branch office of Bank Jabar Banten (BJB) Bandung, and to determine the influence of TQM on employee performance employee performance in Main Branch office of Bank Jabar Banten (BJB) Bandung.The object of this research is total quality management and employee performance. The method used in this research is descriptive and verification method. Sources of data used are primary data source. The data collection techniques used is by using a questionnaire. The sample used in this study is saturated samples, the sampling technique when all members of the population used as a sample.The results showed that the application of TQM practices and performance levels of employees in the branch office of Bank Jabar Banten (BJB) Bandung included in good criteria, and TQM significant effect on the performance of employees is 39.24 %.

Abstrak. Sejak dibentuknya kawasan terintegrasi yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) oleh Indonesia beserta negara-negara di wilayah Asia Tenggara, dapat dipastikan bahwa tingkat persaingan antar individu dan perusahaan pun akan semakin kompetitif. Persaingan usaha yang semakin ketat saat ini menuntut perusahaan untuk memperhatikan mutu produk yang dihasilkan baik barang atau jasa. Hal ini dilakukan agar barang atau jasa yang diproduksi tetap diakui konsumen, karena setiap orang pasti menghendaki barang yang paling berkualitas yang bisa mereka peroleh. Tidak hanya perusahaan manufaktur, perusahaan jasa juga perlu melakukan peningkatan kualitas layanan dan melakukan perbaikan terus menerus, khususnya perbankan yang merupakan salah satu sektor usaha yang menunjang kebijakan dan program pemerintah dan perkembangan sektor rill dalam bidang perekonomian. Bank harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap nasabahnya. Bank Jabar Banten merupakan bank pengelola dan penghimpun kas daerah, Bank Jabar Banten juga telah dipercaya untuk melaksanakan aktivitas perbankan seperti Bank Nasional lainnya hal ini dibuktikan dengan masuknya Bank Bjb ke dalam Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional (Perbanas) dan sudah tidak lagi berada dalam Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda). Permasalahan utama yang dihadapi perusahaan adalah jaringan komputer sering bermasalah sehingga data yang dikirimkan lambat, rusak dan bahkan tidak sampai ke tujuan, wilayah kerja operasional Bank Jabar Banten terbatas karena belum mencakup semua wilayah di Indonesia, selain itu teknologi informasi, sistem, dan prosedur serta pedoman operasional masih dalam proses penyempurnaan. Bank Jabar Banten juga belum memiliki fasilitas m-banking dan e-banking. Sampai saat ini Total Quality Management (TQM) merupakan metode yang dipercaya dapat membuat perusahaan tetap berlanjut dengan melakukan perbaikan secara terus-menerus. Total Quality Management (TQM) adalah suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, manusia, proses dan lingkungannya. Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Praktik Penerapan Total Quality Management (TQM) Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Kantor Cabang Utama Bank Jabar Banten (BJB) Bandung)â€.


Keywords


Total Quality Management, Employee Performance.



DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4892

Flag Counter    Â