Studi Tentang Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Kaitannya Dengan Kualitas Pelayanan Publik Pada Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kabupaten Sukabumi

Mohammad Ikhsani Syukur, Epi Fitriah, Nurleli Nurleli

Abstract


Abstract. People as a party to obtain public service want or crave good and quality service. Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kabupaten Sukabumi as providers of public services in the field of licensing, applicants who apply for licenses would also like to get a quality service. This is what underlies the idea of the need for an integrated management system such as Total Quality Management (TQM) in order to produce a high quality services. This study aims to determine the application of TQM, quality of public services, and the link between TQM to the quality of public services at BPMPT Kabupaten Sukabumi. The object of this research is the TQM and quality of public services. The method used is a case study and descriptive analysis. The data collection techniques used in this research is through interviews, questionnaires, and documentation. To measure the implementation of TQM and quality public services, then distributed the questionnaire to the respondents related. The results showed that the application of TQM and quality of public services at BPMPT Kabupaten Sukabumi included on good criteria. One factor that make success in maintaining and improving the quality of public services is implementing TQM, because basically the concept of TQM is customer-oriented and always to always make the improvement sustainable in every process and activity is generated, so that the output of each line will be produced effectively and optimally. Therefore, by applying maximum TQM, then the resulting public service would qualified.

Abstrak. Masyarakat sebagai pihak yang memperoleh pelayanan publik menginginkan atau mendambakan pelayanan yang baik dan berkualitas. Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kabupaten Sukabumi sebagai penyelenggara pelayanan publik di bidang perizinan, pemohon yang mengajukan perizinan tentunya juga ingin mendapatkan pelayanan yang berkualitas. Hal inilah yang mendasari pemikiran akan perlunya suatu sistem manajemen terpadu seperti Total Quality Management (TQM) agar dapat menghasilkan jasa yang berkualitas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan TQM, kualitas pelayanan publik, dan kaitan antara TQM dengan kualitas pelayanan publik pada BPMPT Kabupaten Sukabumi. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah TQM dan kualitas pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus dan analisis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Untuk mengukur penerapan TQM dan kualitas pelayanan publik, maka disebarkan kuesioner pada responden yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TQM dan kualitas pelayanan publik pada BPMPT Kabupaten Sukabumi termasuk kriteria baik. Salah satu faktor yang menjadi kesuksesan dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah menerapkan TQM, karena pada dasarnya konsep dari TQM adalah berorientasi kepada pelanggan serta senantiasa untuk selalu melakukan perbaikan secara berkesinambungan pada setiap proses yang dihasilkan, sehingga output oleh setiap lini akan dihasilkan secara efektif dan optimal. Oleh karena itu, dengan menerapkan TQM secara maksimal, maka pelayanan publik yang dihasilkan akan berkualitas. 


Keywords


Total Quality Management and Quality of Public Services

References


Blocher, J. Edward, Kung H. Chen, Thomas W. Lin. 2000. Manajemen Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Girindrawardana, Danang. 2014. “Danang Girindrawardana, Ketua Ombudsman RI: Pelayanan Publik Belum Membanggakan†dalam http://www.republika.co.id/berita/koran/bincangbisnis/14/12/16/ngny4a19-dananggirindrawardana-ketua-ombudsman-ripelayanan-publik-belummembanggakan diunduh tanggal 10 Maret 2016

Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Nawawi, Hadari. 2005. Manajemen Strategik. Yogyakarta: Gadjah Mada Pers.

Tjiptono, Fandy. Diana, Anastasia. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi.

Zeithaml, Valerie A., A. Parasuraman, Leonard L, Berry. 1990. Delivering Quality Service. New York: The Free Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4839

Flag Counter    Â