Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kecukupan Modal, Kualitas Aktiva Produktif dan Likuiditas terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Umum Syariah Periode 2011 – 2014

Jaka Ahmad Ananta, Nurhayati Nurhayati, Kania Nurcholisah

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Bandung.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ukuran perusahaan,kecukupan modal,kualitas aktiva produktif dan likuiditas terhadap kinerja keuangan perbankan umum syariah. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan data sekunder, Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah laporan keuangan perbankan umum syariah. Alat uji analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 21.0 for windows. Hasil analisis dan perhitungan yang telah dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dalam penelitian ini, dapat diketahui bahwa ukuran perusahaan terbukti berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan dan berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa variabel kecukupan modal yang diproksikan dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan.

Keywords


company size, capital adequacy, asset quality, liquidity and financial performance

References


Antoni,Muhamad Syafi’i.(2015). Bank Syariah Dari Teori ke Praktik.Jakarta:Gema Insani

Brigham, Eugene F dan Joel F. Houston. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Budisantoso totok, triandani sigit.(2006). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta : Salemba Empat.

Frianto Pandia.(2012). Manajemen Dana dan Kesehatan Bank. Jakarta : Rineka Cipta

Nurftria, Hardi dan Yuneita Anisma. (2011). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Aktivitas dan Leverage terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Wholesale and Retail Trade di Bursa Efek Indonesia.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Bisnis, cetakan kesembilan, Bandung : CV Alvabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3212

Flag Counter    Â