Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Simpan Pinjam di Koperasi Pegawai Rumah Sakit Hasan Sadikin

Farah Vanesa Novianti

Abstract


Sistem informasi pengelolaan keuangan pada Koperasi Pegawai RSHS masih dikatakan kurang optimal, dari segi alur prosedur yang resmi untuk menunjang sistem informasi yang ada, kurangnya otorisasi dalam setiap dokumen, beberapa dokumen belum memiliki nomor urut dokumen serta kurang terjaminnya keamanan data. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas sistem informasi simpan pinjam yang saat ini diterapkan di Koperasi Pegawai RSHS dan bagaimana rancangan sistem informasi simpan pinjam  yang sesuai untuk diterapkan di Koperasi Pegawai RSHS. Metode pengembangan sistem yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metodologi FAST (Framework for the Application of System Technique) dan mengikuti tahapan system development, serta menggunakan teknik pengumpulan data JAD (Joint Application Development. Hasil dari perancangan yang dilakukan analis yaitu sebuah rancangan sistem informasi simpan pinjam yang dapat memenuhi kebutuhan Koperasi Pegawai RSHS. Adapun keunggulan sistem yang dihasilkan adalah adanya Kasir yang secara khusus mengelola penerimaan kas koperasi sehingga meningkatkan pengendalian atas penerimaan kas, Customer Service yang secara khusus melayani kebutuhan anggota, dokumen input yang mampu menghimpun informasi yang diperlukan, sistem dan prosedur yang memperkuat pengendalian pengelolaan keuangan koperasi, serta penggunaan database keuangan yang mampu membantu pelaksanaan pengelolaan keuangan sehingga menghasilkan laporan atau output yang dibutuhkan oleh Koperasi Pegawai RSHS.


Keywords


Sistem Informasi dan Koperasi Simpan Pinjam

References


Afif, Izwar. 2011. Rancang Bangun Sistem Informasi Simpan Pinjam (Studi kasus: Koperasi Simpan Pinjam Iftihadul Muhaijirin). Malang.

Alfian, Ghufran Yusuf. 2013. Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Koperasi Multiguna Berbasis Web (Studi Kasus Koperasi Multiguna Panekan). Yogyakarta.

Baridwan, Zaki. 2000. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Baswir, Revrisond. 2000. Koperasi Indonesia. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Bodnar, George H., William S. Hopwood. 2006. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Indonesia. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Firmansyah. 2007. Pengembangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Koperasi Berkah Mandiri 24. Jakarta.

Hendar. 2010. Manajemen Perusahaan Koperasi. Semarang : Erlangga.

Mardi. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Ghalia Indonesia.

Midjan, La dan Azhar Susanto. 2000. Sistem Informasi Akuntansi I. Bandung: Yanti.

Muljono, Djoko. 2012. Buku Pintar Strategi Bisnis Koperasi Simpan Pinjam. Yogyakarta: ANDI.

Romney, Marshall B. dan Paul J. Steinbart. 2012. Accounting Information System. Pearson.

Sari, Adelia Cipta. 2013. Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Surya Mitra Mandiri Semarang. Semarang.

Sartika, Reza dan Daniel Udjulawa. 2015. Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Kopkar Mandiri A. Rivai Berbasis Website. Palembang.

Suryani, Tatik, Sri Lestari dan Wiwik Lestari. 2008. Manajemen Koperasi ; Teknik Penyusunan Laporan Keuangan, Pelayanan Prima dan Pengelolaan SDM. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Whitten, Jeffrey L., Lonnie D. Bentley. 2004. System Analysis and Design Methods, Fourth Edition. United States: The McGraw-Hill.

Widjajanto, Nugroho. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Penerbit Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3188

Flag Counter    Â