Pengaruh Strategi Bisnis terhadap Kinerja Perusahaan

Iman Riadotul Hayat Sukarya, Nurleli Nurleli

Abstract


Abstract. This research was conducted with the aim of knowing the business strategy of the Cibaduyut Shoe Center UMKM, knowing the performance of the Cibaduyut Shoe Center UMKM, knowing the effect of business strategy on the company's performance. The method used is descriptive verification with a quantitative approach. The research population is business actors in the Cibaduyut shoe SMEs center. To determine the sample that will be used in this research, the researcher uses a saturated sampling technique with a large number of research samples, namely 39 companies. The data analysis technique in this researcher uses simple linear regression analysis. The results of the research show that the business strategy of the Cibaduyut Shoes MSME actors is categorized as adequate, the business performance of the Cibaduyut Shoes Center MSME actors is categorized as good. The business strategy has a significant effect on the business performance of the SMEs in Cibaduyut Shoes Center.

Keywords: Business Strategy, Company Performance, UMKM.

Abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui strategi bisnis pada UMKM Sentra Sepatu Cibaduyut, mengetahui kinerja UMKM Sentra Sepatu Cibaduyut, mengetahui pengaruh strategi bisnis terhadap kinerja perusahaan. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah pelaku usaha di sentra UMKM Sepatu Cibaduyut. Untuk menentukan sampel yang akan digunakaan dalam peneltian ini yaitu peneliti mengunakan teknik sampling jenuh dengan banyaknya sampel penelitian yaitu 39 perusahaan. Teknik analysis data dalam peneliti ini mengunakan analysis regresi linier sederhana. Hasil penelitlan menunjukan bahwa strategi bisnis para pelaku UMKM Sepatu Cibaduyut dikategorikan cukup, kinerja usaha para pelaku UMKM Sentra Sepatu Cibaduyut dikategorikan baik. Strategi bisnis berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha para pelaku UMKM Sentra Sepatu Cibaduyut.

Kata kunci: Strategi Bisnis, Kinerja Perusahaan, UMKM.


Keywords


Strategi Bisnis, Kinerja Perusahaan, UMKM.

Full Text:

PDF

References


Hunger, J.D. dan Wheelen, T.L. (2014). Strategic Management and Bussiness Policy: Toward Global Sustainability (13th Edition). New York: Pearson.

Joewono, Handito. (2012). Strategy Management. Jakarta: Arrbey

Mahmud, Ariati Anomsari. 2011. Jurnal Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis Dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Usaha Kecil Menengah Di Kawasan Usaha Barito Semarang) ISBN 979-26-0255-0.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen.Salemba. Empat. Jakarta

Mustikowati, R. I., & Tysari, I. (2015). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada UKM Sentra Kabupaten Malang). Jurnal Ekonomi MODERNISASI. Vol.10, No.1

Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga

Tsani Aulia Rabius, Nurleli. (2021). Analisis Penerapan Total Quality Management dan Komitmen Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Prosiding Jurnal Riset Akuntansi. 1(1). Hal 30-37




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.31442

Flag Counter    Â