Pengaruh Intellectual Capital terhadap Profitabilitas (ROA) (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Subsektor Logam dan Sejenisnya)

Rista Elva Juanda, Epi Fitriah, Yuni Rosdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh  intellectual capital terhadap profitabilitas perusahaan.  Penelitian ini  menggunakan beberapa variabel yang diidentifikasi sebagai faktor yang mempengaruhi profitabilitas antara lain meliputi:  value added human capital (VAHU),  structural capital value added (STVA), dan  value added capital employed (VACA). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak pada sektor manufakur subsektor logam dan sejenisnya yang listing di BEI tahun 2012-2014. Metode pengolahan data dilakukan denganmenggunakan  uji linear berganda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Melakukan uji hipotesis yang harus memenuhi kriteria, yaitu uji R2 dan uji F.  Hasil penelitian diketahui bahwa intellectual capital dan secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

Keywords


intellectual capital, profitabilitas, value added human capital, structural capital value added , dan value added capital employed

References


Agus Sartono. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi Edisi Keempat.

Yogyakarta: BPFE

Brigham dan Houston. (2001). Manajemen Keuangan II. Jakarta: Salemba Empat. Diunduh pada tanggal 8-11-2015.

Stewart, Thomas A. 1999. Intellectual Capital: The Wealth of Organizations. Doubleday. Diunduh pada tanggal 21-11-2015.

Ulum, Ihyaul, 2009. Intellectual Capital: Konsep dan Kajian Empiris, Graha. Ilmu, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3141

Flag Counter    Â