Pengaruh Peran Audit Internal dan Efektivitas Whistleblowing System terhadap Pencegahan Fraud (Survei pada Bank Umum Syariah di Kota Bandung, Jawa Barat)

Intan Tri Lestari, Hendra Gunawan, Pupung Purnamasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh peran audit internal dan efektifitas whistleblowing system terhadap pencegahan fraud. Penelitian ini mengambil lokasi di pada Bank Umum Syariah di Kota Bandung. Responden dalam  penelitian ini adalah pegawai yang berprofesi sebagai pegawai dan sampel ditentukan dengan teknik proportional simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 45 orang responden. Metode penelitian yang digunakan adalah studi empiris dengan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 19.00.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran audit internal dan efektivitas whistleblowing system berpengaruh terhadap pencegahan fraud. Pencegahan fraud akan semakin baik jika peran auditor internal dan whistleblowing system semakin efektif. Besarnya pengaruh kedua variabel tersebut terhadap pencegahan fraud masih berada pada katagori sedang yang berarti masih banyak faktor lain yang juga dapat mempengaruhi pencegahan fraud.


Keywords


Audit internal, whistleblowing system dan pencegahan fraud

References


Agoes, Sukrisno. 2004. Auditing (Pemeriksaan Akuntan) oleh Kantor Akuntan Publik. Edisi Ketiga. Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti.

Arens, Alvins A., et al. 2008. Auditing and Assurance Services and Integreted Approach. Twelfth Edition. New Jerssey : Pearson International Edition.

Deddy S, Koesmana., Humbul, Kristiawan., Ahmad Rizki. (2007). Economics Business & Accounting Review Vol.II No. 1, Laboratorium Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Kasmir. 2002. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2002. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG). 2008. Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia. Jakarta.

Naomi, Sharon. 2015. Penerapan Whistleblowing System dan Dampaknya Terhadap Fraud. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods for Business. Buku kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Sudarsono, Heri. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Ekonisia, Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Pusdiklatwas BPKP, 2008, Kode Etik dan Standar Auditing.

Rizkyana, Gunawan, dan Purnamasari. 2015. Pengaruh Audit Internal dan Audit Eksternal Terhadap Pencegahan Fraud (survey pada BUMN di Kota Bandung, Jawa Barat). Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung.

Tugiman, Hiro. 1996. Pengenalan Internal Audit. Yogyakarta : Kanisius,.

Tugiman, Hiro. 2006. Standar Profesional Audit Internal, cetakan ke 9. Yogyakarta : Kanisius.

Undang-Undang Nomer 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Undang-Undang Nomer 7 Tahun 1992 tentang Perbankan Pasal 1 ayat 2

Zabihollah, Rezaee dan Riley Richard. 2005. Prevention and Detection. Canada.

stabilitas.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3127

Flag Counter    Â