Pengaruh Kecukupan Modal, Likuiditas, Aktivitas, dan Rentabilitas terhadap Return Saham pada Industri Perbankan di ASEAN Periode 2012-2014

Ina Praptyastuti, Helliana Helliana, Diamonalisa Sofianty

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Kecukupan Modal (Capital Adequacy Ratio/CAR), Likuiditas (Loan to Deposit Ratio/LDR), Aktivitas (Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional/BOPO) dan Rentabilitas (Return on Equity/ROE) terhadap Return Saham pada industri perbankan di ASEAN. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu laporan tahunan, laporan keuangan, serta informasi industri perbankan di ASEAN yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian berdasarkan uji F menyatakan bahwa Kecukupan Modal (CAR), Likuiditas (LDR), Aktivitas (BOPO) dan Rentabilitas (ROE) memberikan kontribusi pengaruh sebesar 16,7% terhadap Return Saham pada industri perbankan di ASEAN periode 2012-2014 sedangkan sisanya yaitu 83,3% merupakan pengaruh faktor-faktor lain diluar variabel penelitian. Berdasarkan uji t meyatakan bahwa Rentabilitas (ROE) berpengaruh signifikan terhadap return saham, sedangkan CAR, LDR, dan BOPO tidak berpengaruh terhadap return saham. Maka dari itu, penulis menyarankan agar investor mempertimbangkan nilai rentabilitas (ROE) sebelum memutuskan untuk berinvestasi saham.

Keywords


Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Return on Equity (ROE) dan Return Saham.

References


Brigham, Eugene F dan Joel F. Houston. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Sepuluh. Terjemahan oleh Ali Akbar Yulianto. Buku Dua. Jakarta: Salemba Empat.

Darmawi, Herman. 2012. Manajemen Perbankan. Jakarta: BumiAksara.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham. 2012. Manajemen Investasi. Jakarta: Salemba Empat.

Gujarati, D.N., and Porter, D.C. 2009. Basic Econometrics. Fifth Edition.

Boston: McGrawHill International Edition.

Hanafi, Mamduh. 2013. Manajemen Keuangan Internasional. Yogyakarta: BPFE.

Jogiyanto. 2009. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Keenam. Cetakan Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. 2012. Manajemen Perbankan. Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Pandia, Frianto. 2012. Manajemen Dana dan Kesehatan Bank. Jakarta: Rineka Cipta.

Tandelilin, Eduardus. 2001. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3120

Flag Counter    Â