Perancangan Sistem Informasi Penyedia Jasa Internet pada PT. Citra Jelajah Informatika

Anggi Anggraeni

Abstract


Teknologi informasi tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan dunia internet saat ini. Informasi yang disajikan di dunia internet sudah sangat global dan selalu diusahakan ontime sehingga waktu update, suatu informasi sangatlah cepat. PT. Citra Jelajah Informatika adalah perusahaan yang bergerak di bidang ISP (Internet Service Provider) dan penyedia jasa internet berbasis ICT (Information & Communication Technology). Perusahaan ini memberikan layanan koneksi internet dan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan ataupun meng-customize layanan yang telah ada sesuai dengan permintaan pelanggan. Sistem Informasi Penyedia yang diterapkan saat ini masih bisa dikatakan kurang optimal, karena sistem informasi yang tersedia belum menyeluruh sehingga proses bisnis kurang dilaksanakan dengan baik. Untuk memperbaiki hal tersebut maka penulis mencoba untuk menganalisis sistem lama dan merancang sistem informasi penyedia jasa internet yang baru dan diharapkan dapat berguna dan dapat membantu untuk meningkatkan kualitas operasional perusahaan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana prosedur sistem informasi penyedia jasa internet yang sedang diterapkan. Teknik penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode FAST (Frame Work For the Application of System Technique) dan teknik pengembangan JAD (Joint application Development) dengan mengikuti tahapan-tahapan System life cycle dengan tambahan alat-alat, sehingga hasil akhir dari sistem yang dikembangkan akan mendapatkan sistem yang terstruktur dan didefinisikan dengan baik dan jelas. Hasil yang didapatkan dari analisis dan perancangan yang dilakukan yakni sebuah rancangan sistem informasi penyedia jasa internet yang mampu menunjang kebutuhan operasional perusahaan dengan merancang proses penyedia jasa internet dimulai dari input hingga ouput yang berguna bagi perusahaan dalam mengevaluasi kinerja perusahaan agar pelaksanaan proses bisnis lebih efektif dan efisien.

Keywords


Sistem informasi penyedia jasa internet

References


James A Hall 2007. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta : Salemba Empat

Jeffery L. Whitten, Lonnie D. Bentley, Kevin C. Dittman. 2004. Metode Desain & Analisis Sistem. Edisi 6. Yogyakarta: Andi

O’Brien, James. A. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip and Gary Armstrong (2012). Principle of Marketing, Fourteenth Edition. Pearson Education Limited, England.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3113

Flag Counter    Â