Pengaruh Enterprise Risk Management terhadap Kinerja Perusahaan

Fadel Nidiatama Rachman, Rini Lestari

Abstract


Abstract. Implementation of enterprise risk management and can improve company performance. The phenomenon that occurs in the company is not yet maximal in the implementation of enterprise risk management which causes poor performance of a company. This study aims to determine the effect of implementing enterprise risk management on company performance. The method used in this research is descriptive analysis method with a quantitative approach. Sources of data used in this study is primary data sources. The collection technique used is a questionnaire. The population of this study is Islamic Banks in the city of Bandung with a target population of 10 Islamic banks in the city of Bandung. The sample in this study is the internal party of Islamic Bank companies in Bandung. The sampling technique in this study is non-probability sampling with the type of convenience sampling. Hypothesis testing used in this study using simple regression analysis. The results of hypothesis testing show that the application of enterprise risk management affects the company's performance because when enterprise risk management is implemented properly, the company will be ready when bad things happen because there is already risk management from the beginning what will be done so that company performance can be improved.

Keywords: Company Performance, Application of enterprise risk management

Abstrak. Penerapan enterprise risk management dan dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Fenomena yang terjadi diperusahaan belum maksimalnya implementasi enterprise risk management yang menyebabkan buruknya kinerja sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan enterprise risk management terhadap kinerja perusahaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan yang digunakan adalah kueisioner. Populasi dari penelitian ini adalah Bank Syariah di Kota Bandung dengan target populasi 10 Bank Syariah yang ada di Kota Bandung. Sampel pada penelitian ini adalah pihak internal perusahaan Bank Syariah di Kota Bandung. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis convenience sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa penerapan enterprise risk management berpengaruh terhadap kinerja perusahaan karena ketika enterprise risk management diterapkan dengan baik maka perusahaan pun akan siap ketika hal-hal buruk terjadi karena sudah ada manajemen resiko dari awal apa yang akan dilakukan sehingga kinerja perusahaan pun dapat ditingkatkan.

Kata Kunci: kinerja perusahaan, penerapan enterprise risk management


Keywords


kinerja perusahaan, penerapan enterprise risk management

Full Text:

PDF

References


Darmawi, H. (2014). Manajemen Risiko. Bumi Aksara.

Fahmi, I. (2016). Manajemen Risiko: Teori, Kasus, dan Solusi. Alfabeta CV.

Gibson, James, L., John, M. I., & James, H. D. (1994). Organisasi: Perilaku, Struktur dan Proses. Erlangga.

Lestari, R. (2013). Pengaruh Manajemen Risiko Terhadap Kinerja Organisasi: Studi pada Dana Pensiun Pemberi Kerja di Wilayah Jabar-Banten.

Otieno, E. A., Ogutu, M., Ndemo, B., & Pokhariyal, G. (2020). Influence of Enterprise Risk Management on Organizational Performance: Evidence from Kenyan State-Owned Corporations.

Tsani Aulia Rabius, Nurleli. (2021). Analisis Penerapan Total Quality Management dan Komitmen Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Prosiding Jurnal Riset Akuntansi. 1(1). Hal 30-37




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30516

Flag Counter    Â